Kapolda Sumut Sholat Jumat Bersama Masyarakat Deli Serdang dan Berikan Tausiah di Mesjid Jami’ Agung

[espro-slider id=9519]

whatsapp-image-2016-11-11-at-14-06-29

tribratanewspoldasumut.com – Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza M.Si melaksanakan sholat Jumat di Masjid Jami’ Agung Jl. Imam Bonjol No. 17 Lubuk Pakam, pada Jumat siang (11/11).

Ibadah sholat Jumat tersebut dipimpin oleh Imam Mujahinuddin dan diikuti oleh sekitar 550 orang masyarakat setempat.

Didampingi para Pejabat Utama Polda Sumut antara lain Dir Binmas, Dir Pamobvit serta Dir Reskrimum, Kapolda Irjen Pol Rycko disambut Bupati Deliserdang Azhari Tambunan, Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa, Waka Polres Kompol Faisal Rahmat HS, serta beberapa anggota DPRD Deliserdang. Selanjutnya rombongan melaksanakan sholat Jumat bersama.

Dalam pelaksanaan Sholat jumat Aipda H. Syahruddin Lubis SH, yang bertugas di Subagkum Polres Deliserdang menjadi khatib, sedangkan yang menjadi muajin Bripka Muhammad Ilham Pulungan yang bertugas di Polsek Tanjung Morawa.
Pada Pukul 12.55 wib, usai pelaksanaan Sholat Jumat dan Doa bersama untuk kemashlatan umat khusunya Polri agar dapat menjadi Polisi yang Rahmatan Lil Alamien.
Selanjutnya Kapoldasu berkesempatan memberikan tausiah berupa himbauan dan pesan kamtibmas kepada para peserta yang mengikuti sholat jumat tersebut.
Pada kesempatan tersebut Kapoldasu tak lupa mengucapkan terimakasih dari pimpinan Polri kepada masyarakat dan para tokohnya atas tertib dan amannya kegiatan aksi damai 4 November yang lalu.
Kapoldasu juga menyampaikan terkait ukhuwah dalam agama Islam.
“Ada tiga macam ukhuwah, yaitu UKHUWAH ISLAMIYAH (persaudaraan umat Islam), UKHUWAH WATHANIYAH (persaudaraan bangsa), dan UKHUWAH BASYARIYAH (persaudaraan umat manusia). UKHUWAH BASYARIYAH bisa juga disebut UKHUWAH INSANIYAH.” ujar Kapoldasu dalam tausiahnya.

Kapoldasu juga menghimbau untuk bersama sama menggunakan masjid sebagai tempat central untuk selesaikan permasalahan sosial.
“Mari bersama – sama menjaga kamtibmas. Jika ada persoalan kita selesaikan dengan kekeluargaan sebelum menempuh jalur hukum dengan melibatkan para tokoh ulama dan masyarakat.” tutur beliau.

Setelah selesai melaksanakan Sholat Jumat, dilanjutkan dengan Makan Siang bersama di Mesjid Jami Agung.
Pada kesempatan tersebut Kapolda Sumut mendengar curhatan dari Tokoh agama tentang masalah- masalah yang terjadi di wilayah Kab. Deli Serdang mulai dari MASALAH TANAH, MASALAH PLN, MASALAH BPK, UKHUWAH ISLAMIYAH, AJARAN RADIKAL, dan HAL TERKAIT PERMASLAHAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA.
Para ulama mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Irjen Tito Karnavian yang telah mau mendengarkan jeritan hati masyarakat dan rakyatnya.
Demikian juga kepada Kapolda yg mau melaksanakan sholat jumat keliling di masjid – mesjid khususnya masjid Jami Deli Serdang.
“Kami sangat senang sekaligus terharu karena Kapoldasu disela sela kegiatannya yang begitu padat, datang menyempatkan dirinya untuk sholat bersama dan mendengarkan keluhan kami masyarakat Deli serdang,” ujar salah seorang tokoh masyarakat Deliserdang.

Hadir dalam kegiatan ini berasal dari Unsur Pemerintah dan Unsur Toga Islam dan Ormas Islam antara lain :
I. Unsur Pemerintah :
1. BUPATI DS H. ASAHRI TAMBUNAN.
2. ASS-I : SYAFRULLAH, MAP
3. ASS-III : JENTRALIN PURBA, SH
4. KADISPENDA : DARWIN ZEIN, MAP
5. KADIS PARIWISATA : FAISAL LBS, MM
6. PMD : DEDY, MAP
7. KABAG UMUM : YUSI, MM
8. CAMAT LBK PAKAM : ISMAIL
9. KAKAN MENAG KAB DS H. ANSHOR POHAN, SH, MAP.

II. Toga Islam, Ormas Islam :
1. KETUA FKUB H. WALUYO.
2. KETUA DPW FPI KAB. DS : H. AZHANUL SHAUTY, SHI beserta : 15 org laskar.
3. MUJAHINUDIN (FKUB)
4. KETUA DEWAN MESJID : AKBP. Purn. POLRI. SULAIMAN HSB.
5. SEKJEND MUI DS : ABDURAHMAN LBS.
6. YG MEWAKILI HTI (HIZBUT TAHRIR INDONESIA)
7. KHAIRUDDIN SIREGAR (KETUA ALWASLIYAH)
8. SEKJEND GP ANSOR JULIADI YAHYA
9. SULTAN SERDANG : T. AHMAD TALA’A.
Acara berlangsung dengan penuh keakraban dan santai. Kapoldasu usai melaksanakan kegiatan silahturahmi tersebut memohon pamit dan meminta kepada masyarakat Deliserdang untuk selalu menjaga kamtibmas dan memelihara kerukunan antar masyarakat. (rs)

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.