Kapolda Sumut Pimpin Apel Serah Terima Lapangan Kabupaten Asahan Menjadi Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan Sekaligus Pelaksanaan Apel 3 Pilar Plus

tribratanewspoldasumut.com – Kapolda Sumut Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel M.Si  memimpin Apel Serah Terima Lapangan Parasamya Kabupaten Asahan yang dihibahkan menjadi lapangan Adhi Pradana Polres Asahan bertempat di lapangan Parasamya Kabupaten Asahan pada Minggu (12/02/2017). Disela kegiatan tersebut juga dilaksanakan apel 3 Pilar Plus serta awak pos kamling kota Kisaran.

Apel tersebut dihadiri oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang dan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang serta Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolres Asahan, Danyon 126 Asahan dan Danrem 022 Pantai Timur Asahan, termasuk unsur FKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Kabupaten Asahan. Adapun yang menjadi peserta apel dalam serah terima lapangan tersebut antara lain Bhabinkamtibmas Polres Asahan, Babinsa Kodim, Lurah/Kepala Desa, serta Awak Pos kamling se Kabupaten Asahan.

Acara diawali dengan penandatangan penyerahan lapangan  oleh Bupati Asahan dan Kapolres Asahan dilanjutkan dengan penandatangan Prasasti oleh Kapolda Sumut. Adapun luas lahan yang dihibahkan oleh Bupati Asahan kepada Polres Asahan seluas 1 Ha beserta bangunan pendopo diatasnya.

Dalam apel tersebut, Kapolda Sumut juga menyerahkan piagam penghargaan secara simbolis kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah/ kepala desa, tomas/toga dan awak poskamling.

Dalam sambutannya, Kapolda Sumut memberikan ucapan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta FKPD dan Tomas atas pelaksanaan kegiatan mulai peresmian car free dan penanaman pohon dan pelaksnaan apel 3 pilar plus.

“Apresiasi yang tinggi utamanya kepada para peserta apel yang siang hari ini bersedia hadir dan menunjukkan kesiapannya untuk memberikan perlindungan dan pengayoman bagi masyarakat Kabupaten Asahan. Kesiapan saudara pada pagi hari ini hingga siang ini menunjukkan bukti bahwa ada niat yang tulus, ada dedikasi yg tidak bisa diukur dengan apapun untuk memberikan pelayanan kpd masyarakat.” ujar Kapolda Sumut menyampaikan apresiasinya.

“Saya selaku Kapolda Sumut memberi bimbingan teknis kepada pengemban fungsi Kepolisian. Forum 3 pilar plus yang sudah dicanangkan bersama sama oleh Gubernur Sumut, Kapolda dan Pangdam I/BB adalah merupakan penjabaran dari program nawacita Presiden untuk menghadirkan aparatur pemerintah ditengah masyarakat.” kata Kapolda melanjutkan sambutannya.

Kapoldasu juga meminta diperkuatnya sinergitas hingga pejabat yang terkecil antara institusi TNI Polri dan Pemerintah diwilayah masing masing.

“Untuk itu dibentuk 3 pilar plus yang merupakan kehadiran negara yang pertama ditengah tengah masyarakat.” kata Irjen Rycko.

Kapoldasu lanjut menjelaskan 3 tugas utama dari 3 pilar plus yaitu menjadi mata dan telinga organisasi dan pimpinan.

‘3 pilar plus melakukan tugas tugas identifikasi, mengenali dan mengumpulkan data bersama masyarakat untuk mengetahui apa yang menjadi keluhan dan harapan masyarakat. Kemudian info tersebut dilaporkan kepada pimpinan. Kunci keberhasilan adalah kemauan saudara mendatangi masyarakat, bukan sebaliknya.” jelas Kapoldasu.

Tugas selanjutnya adalah melakukan upaya pencegahan secara pro aktif. Salah satu bentuknya adalah memberdayakan dan meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap peraturan perundang undangan yang berlaku, meningkatkan pengertian masyarakat akan pentingnya saling tolong menolong.

“Sehingga dapat membangun rasa cinta tanah air, rasa kebangsaan, nasionalisme. Untuk memiliki daya cegah daya tangkal daya lawan terhadap berbagai masalah kejahatan dipantai timur wilayah Sumatera.” ujar Kapoldasu.

3 Pilar juga bertugas menjadi lembaga yang pertama sekali mendatangi ketika terjadi potensi konflik. Kemudian secara berjenjang melaporkan keatas, sehingga konflik tidak berkembang/tidak meluas.

“Saya  berharap forum 3 pilar Kabupaten Asahan ini bisa menjadi model dan contoh bagi kabupaten lain. “ tutup Kapoldasu dalam sambutannya dilanjutkan peresmian lapangan Adi Pradana Polres Asahan.

Peresmian lapangan Adi Pradana Polres Asahan kemudian ditandai sengan penekanan tombol oleh Kapolda Sumut. Kapolda juga memimpin dan menyaksikan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang dan Kapolres Asahan AKBP Tatan Dirsan Atmaja. Usai acara tersebut, Lapangan Parasamya yang sebelumnya dimiliki oleh Pemkab Asahan tersebut kini secara resmi berganti nama menjadi Lapangan Adi Pradana Polres Asahan usai dihibahkan oleh Pemkab Asahan. (Kbd Hms/rs)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.