BHABINKAMTIBMAS BRIPKA DEDDY SIMANJUNTAK SAMBANGI PEMBUAT KAPUR SIRIH

Sabtu (11/02/2017) Bhabinkamtibmas  Bripka Deddy Simanjuntak Sambangi Pembuat Kapur Sirih menyambangi salah seorang warga masyarakat dusun I Desa Holi Kec. Ulugawo yaitu Ibu Yatiria Halawa alias ina Teniwa yang berprofesi sebagai pembuat Kapur sirih atau dalam Bahasa Nias disebut “Betua”, Betua adalah salah satu Bahan yang di pergunakan dalam Tradisi Budaya Nias dalam Bentuk AFO atau Kapur Sirih, AFO adalah merupakan salah satu Tradisi Masyarakat Nias, yang di Suguhkan kepada  Tamu atau  serta pada acara Pesta. Afo terdiri dari berbagai Jenis Tanaman antara Lain : Pinang, Daun Sirih, Gambir, dan Kapur Sirih (Betua)

Betua di Olah dari Jenis Batu Tertentu atau dari Cangkang kerang Laut, Sedangkan Proses Pembuatannya adalah Cangkang atau Jenis Batu tertentu di bakar dengan menggunakan Arang atau Kayu, selanjutnya campur dengan air dan di aduk hingga merata dan dibiarkan membeku  4 sampai  5 Jam.

Dalam kesempatan ini BKTM menghimbau agar di dalam proses pembuatan Kapur Sirih tersebut tetap menjaga kebersihan, Menurut Yatiria Halawa alias Ina Teniwa,  Betua  hasil Produksi   nya di  Jual di Pekan-pekan di sekitar  Pekan Ulugawo, Holi dan Idanogawo untuk menambah penghasilan keluarga.

 

Komentar Facebook

Humas Polda Sumut

Kepolisian Daerah Sumatera Utara atau Polda Sumatera Utara, biasa disebut pula Poldasu, merupakan pelaksana tugas Polri di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Polda Sumut terklasifikasi sebagai polda tipe A, sehingga seorang Kapolda yang menjabat haruslah perwira tinggi berpangkat Irjen (bintang dua). Alamat Polda Sumut ada di Jalan Sisingamangaraja 60, Medan, Sumatera Utara. Beberapa Mantan Kapolda Sumut Edy Sunarno Nanan Soekarna Sutanto Hotman Siagian Badrodin Haiti Nurudin Usman Bambang Hendarso Danuri Wisjnu Amat Sastro Oegroseno Badrodin Haiti Syarief Gunawan Drs. H. Drs. H. Eko Hadi Sutedjo, SH, MSi. Ngadino Raden Budi Winarso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.