Kapolres Asahan Bentuk “TIM PAUS” Guna Brantas Narkoba Hingga Tuntas

Tribratanews.sumut.polri.go.id (Asahan) – Mengatasi Peredaran Narkoba dan Penyalahgunaan Narkoba, Polres Asahan tidak bisa berdiam diri, melainkan harus melakukan berbagai upaya, guna menciptakan masyarakat dan lingkungan yang bebas Narkoba.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut bahwa Polres Asahan melakukan terobosan untuk menciptakan masyarakat bebas narkoba dengan memperdayakan seluruh Stakeholder, agar dapat diambil langkah yang komprehensif dan intensif guna menyelesaikan permasalahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan tuntas.

Kamis Tanggal 02 Nopember 2017 Pukul 08.00 Wib di Lapangan Apel Polres Asahan di Jl. Jend. Ahmad Yani Kisaran Kab. Asahan, Sumatera Utara, Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si melakukan Upacara secara Resmi dan melantik TIM pemberantasan Narkoba yang di beri nama “TIM PAUS” (Pendekar Asahan Urusan Sapu bersih) Narkoba.

TIM PAUS melibatkan unsur 3 Pilar Plus yang terdiri dari TNI/POLRI dan Pemerintahan Kab. Asahan, para Penegak Hukum, serta ditambah elemen masyarakat seperti Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Organisasi Kepemudaan, Lembaga lembaga kemasyarakatan (LSM), MUI (Majelis Ulama Indonesia, FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama).

Upacara pelantikan TIM PAUS di pimpin langsung oleh Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si. Ditandai dengan penyematan dan pemberian Topi TIM PAUS kepada 4 (empat) orang perwakilan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Anggota Komisi III DPR RI H. Ali Umri, SH, M.Kn, Bupati Asahan yang diwakili Wakil Bupati H. Surya, B.Sc, Kapolres Tanjung Balai AKBP Tri Setyadi Artono, SH, SIK, MH, Dandim 0208/Asahan diwakili Pasi Ops Kapten Inf. Nuriyanto, Dan Yon 126/Kala Cakti diwakili Pasi Intel Kapten Inf. T. Lumbanraja, Dan Lanal Tanjung Balai Asahan diwakili Kapten (Mar) Bannar Lamkari, Ketua Pengadilan Negeri Asahan diwakili Wakil Ketua Pengadilan Rahmad Hasibuan, SH, Kajari Asahan diwakili Kasipidum Nixon Andreas Lubis, SH. Ketua DPRD Asahan diwakili Fajar Priyantuso.

Dalam sambutannya kapolres asahan mengatakan, dalam melaksanakan amanat undang undang, Sat Narkoba Polres Asahan memiliki 3 fungsi yaitu Preemtif, Preventif dan Represif.

Mencermati hal tersebut Kapolres Asahan mengharapkan kepada seluruh Stakeholder mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara taktis teknis, maupun strategis, agar potensi peredaran, penyalahgunaan narkoba yang terjadi bisa di minimalisir, sehingga tercipta masyarakat Kab. Asahan yang bebas narkoba.

“Pelaksanaan TIM PAUS ini menindak lanjuti Nawa Cita Presiden Republik Indonesia yang dijabarkan dengan Program Prioritas Kapolri yang disebut Program Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya), bahwa untuk mewujudkan program dan kebijakan tersebut, Polri sebagai penggerak Revolusi Mental, guna mewujudkan Citra Positif, Polri khususnya Satuan Narkoba, yang didukung oleh Satuan Fungsi lainnya dapat melaksanakan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan.

Kapolres juga berharap dengan melibatkan masyarakat, dan tokoh agama, tokoh pemuda, LSM, Media, yang di kemas satu TIM yang di beri nama PAUS, dapat membantu tugas Polri dengan maksud dan tujuan memberantas peredaran dan penyalah gunaan Narkoba di Kabupaten Asahan, dengan sasaran difokuskan pada target orang, barang, dan para pelaku penyalahgunaan dan peredaran narkoba yaitu pemakai, pengedar, dan bandar.

Kemudian dilanjutkan sambutan Anggota Komisi III DPR RI H. Ali Umri, SH, M.Kn yang mengatakan memberi A plus dan semangat yang tinggi kepada Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si yang telah membentuk TIM PAUS adalah suatu TIM untuk pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

H. Ali Umri, SH, M.Kn juga menambahkan bahwa baru di Polres Asahan ini ditemukan TIM PAUS yang di bentuk oleh Kapolres untuk pemberantasan Narkoba, hal ini menunjukkan keseriusan Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si dalam hal pemberantasan narkoba untuk mewujudkan Kabupaten Asahan Bersih Narkoba.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi / Ikrar Bersama sama oleh Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Akademisi, MUI, ORMAS, LSM, mengatasnamakan Masyarakat Kabupaten Asahan menyatakan “Pertama deklarasi Menolak Narkoba dan Minuman Keras yang berdasarkan agama dan peraturan per undang undangan, dilarang diedarkan, diperjual belikan, dibawa, disimpan, maupun dikonsumsi. Dan kedua deklarasi yang menyatakan Akan membantu pihak berwajib untuk memberikan informasi sebagaimana poin 1 (satu) tersebut diatas, baik yang diketahui sendiri, dilihat, maupun didengar.

Setelah pembacaan deklarasi / ikrar langsung ditandatangi oleh Ketua MUI H. Abdullah Salman Tanjung, Ketua FKUB Humaida Syamsuri Pane, Tokoh Pemuda Romeksi Samosir, LSM Panas Sakir Samosir, Tokoh Masyarakat Ramli Marpaung, kemudian di tanda tangani para saksi saksi yaitu Bupati Asahan dalam hal ini di wakili Wakil Bupati H. Surya, B.Sc, Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si, Dandim 0208/Asahan diwakili Pasi Ops Kapten Inf. Nuriyanto, Dan Yon 126/Kala Cakti diwakili Pasi Intel Kapten Inf. T. Lumbanraja, Dan Lanal Tanjung Balai Asahan diwakili Kapten (Mar) Bannar Lamkari, Ketua Pengadilan Negeri Asahan diwakili Wakil Ketua Pengadilan Rahmad Hasibuan, SH, Kajari Asahan diwakili Kasipidum Nixon Andreas Lubis, SH.

Untuk mendapatkan rahmad dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa atas terbentuknya TIM PAUS Tahun 2017 Kab. Asahan, maka diakhiri Tausiah oleh Ustd. Drs. H. Nurul Ikhsan Sitorus, MA, dan dilanjutkan dengan Pembacaan Doa bersama, kemudian memberikan santunan anak yatim piatu sebanyak 100 orang.

Penulis : Humas Polres Asahan

Editor   : Ardhy

Komentar Facebook

Humas Polda Sumut

Kepolisian Daerah Sumatera Utara atau Polda Sumatera Utara, biasa disebut pula Poldasu, merupakan pelaksana tugas Polri di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Polda Sumut terklasifikasi sebagai polda tipe A, sehingga seorang Kapolda yang menjabat haruslah perwira tinggi berpangkat Irjen (bintang dua). Alamat Polda Sumut ada di Jalan Sisingamangaraja 60, Medan, Sumatera Utara. Beberapa Mantan Kapolda Sumut Edy Sunarno Nanan Soekarna Sutanto Hotman Siagian Badrodin Haiti Nurudin Usman Bambang Hendarso Danuri Wisjnu Amat Sastro Oegroseno Badrodin Haiti Syarief Gunawan Drs. H. Drs. H. Eko Hadi Sutedjo, SH, MSi. Ngadino Raden Budi Winarso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.