Polair Polda Sumut Kembali Tangkap Penyelundup Kain Balpres Asal Malaysia

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Jajaran Ditpolair Polda Sumut kembali menunjukkan tajinya dalam memberantas praktek penyelundupan barang ilegal dan berbahaya di perairan Sumut. Pada hari  Selasa tgl 7 Nov 2017, sekira pukul 06.00 wib, di perairan Asahan Sumut, Polisi Perairan Asahan berhasil menemukan dan mengamankan 2 (dua) unit kapal yang diduga  bermuatan Balpres (pakaian bekas) ilegal asal Malaysia yang akan di bawa ke Tj Balai Asahan tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah. Penangkapan tersebut berkat kerjasama Dan Pol KP II 2005 AIPTU E. SITINJAK, KP II 2004 BRIPKA H.NGATNO  dengan menggunakan Kapal KP II 2022 BRIPKA RUDI. Kapal tersebut ditangkap ketika petugas melaks Patroli rutin sekitar  perairan Tjg. Jumpul dan perairan Sei Sembilang Kab.Asahan atau pada titik koordinat 02 57 480 LU – 099 57 526 BT.
Salah satu kapal penyelundup bernama KM.RIZKI NELAYAN GT 18 NO.268/PPB bermesin Mitsubitsi 6 cilinder bermuatan lk 100 (seratus) Balpres (pakaian bekas).
“Sementara Kapal satunya lagi KM. RIZKI GT 6 NO. 2001/PHB/S7 bermesin 4 cilinder bermuatan Balpres (pakaian bekas) Lk 40,” jelas Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.
Nama-nama para awak kedua kapal tersebut sbb ;
1. KM. RIZKI NELAYAN (bermuatan lk 100 balpres) :
–  AINUL KAMAL, 39 thn, Islam, Nakhoda, Desa Keramat Kubah, Kec. Sei Tualang Raso, Tanjung Balai
– ALFIAN SIREGAR, 42 rhn, islam, abk, Desa Keramat Kubah, Kec. Sei Tualang Raso, Tanjung Balai.
– ABANG PANJAITAN,39 thn, Islam, Abk, Desa Keramat Kubah, Kec.Sei Tualang Raso Tanjung Balai.
2. KM. RISKI (bermuatan lk 40 Balpres) ;
– NANDA SYAHPUTRA, 21 thn, Islam, Nakhoda, Desa Keramat Kubah, Kec. Sei Tualang Raso Tanjung Balai.
– TAHAN SIREGAR, 40 thn, Islam, Abk, Desa Keramat Kubah, Kec Sei Tualang Raso, Tanjung Balai.
– SYAHRIL, 29 thn, Islam, Abk, Desa Keramat Kubah, Kec. Sei Tualang Raso Tanjung Balai.
“Para pelaku diduga telah melanggar pasal 102 UU N0. 17 Tahun 2006 tentang perubahan UU No. 10 tahun 1995 tentang kepabeanan,” ujarnya
Sekarang ini kapal dan muatan dari KM. RIZKI NELAYAN dengan muatan 100 balpres masih di TKP,  mengingat kapal tdk bisa olah gerak krn air laut sdg pasang mati, dan sdg diupayakan utk dilangsir ke tengah laut menggunakan kapal-kapal kecil untuk dibawa ke Belawan.
Untuk kapal dan muatan dari KM. Riski (muatan lk 40 balpres) serta ke 6 awak kedua kapal sudah diproses menuju Belawan oleh Danpol KP II 2028 BRIPKA ASUN NELSON SIMANJUNTAK  dan Dan pol KP II 2021 Brigadir PAJRIN. (rs)

Komentar Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.