Polres Tanjung Balai Laksanakan Konferensi Pers Tentang Penangkapan Dua Kurir Narkoba

tribratanews.sumut.polri.go.id – Satnarkoba Polres Tanjungbalai menembak mati dua orang kurir narkoba. Satu diantara pelaku seorang warga negara Malaysia. Dari keduanya polisi menyita narkoba jenis sabu seberat 15 kilogram.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kedua kurir narkoba yang ditembak mati itu yakni R alias TT ,40, warga Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan TB Kota III, Kecamatan Tanjungbalai Utara, Kota Tanjungbalai dan Z alias A ,35, warga Trengganu Malaysia.

“Keduanya erusaha melarikan diri saat akan ditangkap petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjungbalai di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pulau Buaya, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Rabu pagi tadi,” ucap Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, Rabu (16/1/2019).

AKBP Irfan Rifai menjelaskan penangkapan berawal saat pihaknya mendapat informasi dari masyarakat yang layak dipercaya bahwa akan ada beberapa orang laki-laki dewasa yang membawa narkotika jenis sabu dari Malaysia melalui pelabuhan tikus di wilayah Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

“Atas informasi tersebut, tim melakukan penyelidikan. Saat itu kedua tersangka masing-masing mengendarai sepeda motor dan masing-masing membawa sebuah tas. Mengetahui akan ditangkap, kedua tersangka berupaya melarikan diri dengan menggunakan sepeda motornya, namun berhasil diamankan oleh tim,” ujar Irfan.

Irfan menlanjutkan, dari hasil interogasi diketahui bahwa tersangka Z alias A pada Selasa (15/1/2019) sekitar pukul 05.00 WIB menerima sabu dari seorang laki-laki di Malaysia berinisial PJ. Selanjutnya tersangka Z alias A bersama dua orang lainnya berinisial UD dan AG (warga Indonesia) berangkat ke Indonesia dengan menggunakan boat.

“Pada hari Rabu tanggal 16 Januari 2019 sekitar pukul 03.30 WIB, mereka tiba di perairan Indonesia, tepatnya di pinggir sungai Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai,” ungkap Irfan.

Kemudian, kata Irfan, setibanya di pinggir sungai tersangka Z alias A sudah ditunggu oleh R alias TT yang menjemputnya. Selanjutnya keduanya dengan menggunakan 2 unit sepeda motor keluar menuju arah Teluk Nibung dengan membawa tas masing-masing yang berisi sabu.

“Tak lama kemudian, kedua tersangka diamankan oleh Team Opsnal Sat Res Narkoba Polres Tanjung Balai,” ungkap Irfan.

Selanjutnya Team Opsnal Sat Res Narkoba berupaya melakukan pengembangan. Saat tiba di Jalan Arteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, kedua tersangka berupaya melarikan diri. Petugas sempat memberi tembakan peringatan ke udara 3 kali dan tidak dihiraukan, sehingga dilakukan tindakan tegas terukur kepada kedua tersangka

“Selanjutnya tim melakukan upaya pertolongan dengan membawa kedua tersangka dengan menggunakan ambulance ke RSU Dr T Mansyur Tanjung Balai, namun diperjalanan kedua tersangka meninggal dunia,” tukas Irfan.

Dikatakan Irfan, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan ke atas dan akan mengirim surat pemberitahuan ke Konjen Malaysia terhadap penangkapan seorang WN Malaysia tersebut.

Dari keduanya, petugas mengamankan 15 bungkus kemasan teh china merk GUANYIN WANG diduga berisi narkotika jenis shabu dengan berat kotor sekitar 15.000 gram (15 Kg) dan 1 unit sepeda motor Honda Vario warna hitam BK 2662 QAI.

(jrs/mtc/amr)

Komentar Facebook