Meskipun Indeks Kerawanan Pemilu Sumut Rendah Polda Sumut dan Kodam I/BB Tetap Waspada

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Sumut masuk di angka 46,73. Angka ini menunjukkan potensi kerawanan yang masuk dalam dimensi sedang terjadi di Sumut. Meskipun begitu Polda Sumut dan Kodam I/Bukit Barisan tetap melakukan siaga ketat.

“Menurut KPU Pusat, Sumut masuk dalam urutan 28. Namun hal itu bukan membuat kita tidak estimate, artinya kita akan tetap amankan,” kata Kapolda kepada wartawan.

Kendati begitu,Kapolda Sumut IrjenPol Agus Andrianto menyebutkan, sejauh ini gesekan dalam pelaksanaan kampanye sama sekali tidak ada terjadi di Sumut. Karenanya, IrjenPol Agus menyinggung, bagaimana peta rinci kerawanan yang dimaksud oleh KPU tersebut.

“Kan selama ini gesekan–gesekan juga nggak ada (terjadi) selama pelaksanaan kam panye. Makanya kalau kerawanan yang dimaksud dari aspek geografis, Kapolres dan pelaksana pemilu diwilayah juga sudah otomatis mengantisipasinya,” ujar IrjenPol Agus Andrianto.

Untuk diketahui skor IKP paling tinggi ada di Papua dengan angka 55,08 yang tersebar di 29 Kabupaten/Kota.

Tapi, lanjut IrjenPol Agus Andrianto, pengamanan yang dilakukan bukan hanya di TPS saja. Melainkan juga membentuk rayon–rayon untuk pelaksanaan patroli

“Artinya kerawanan yang mungkin timbul dapat kita antisipasi. Intinya Polri dengan bantuan TNI akan berupaya untuk mengamankan khususnya pada pelaksanaan inti pemilu, yakni di pencoblosan maupun perhitungan dengan sebaik–sebaiknya,” jelas IrjenPol Agus Andrianto.

Selain itu, IrjenPol Agus Andrianto juga menambahkan, dalam operasi Mantap Praja Toba 2019, sudah dibuat rencana oleh Polda dan Polres mengenai tahapan pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi nanti. Disini sambung dia, termasuk salah satunya pengamanan di PPK, Kabupaten maupun Provinsi.

“Intinya kita berupaya jangan sampai ada hal yang bisa mengganggu atau merusak keamanan (Pemilu),” ujar IrjenPol Agus Andrianto. (riautimes.com/wd)

Komentar Facebook