Rekapitulasi Suara Pemilu Sumut Terkendala Kisruh Nias Selatan, KPU Berkoordinasi dengan KPU Sumut Terkait Pengamanan DA1

Tribratanews.sumut.polri.go.id – KPU Sumatera Utara kembali menghentikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Sumut karena masih menunggu dua kabupaten kota lagi, yakni Kabupaten Deli Serdang dan Nias Selatan. Khusus Nias Selatan, hingga kini suasana di daerah tersebut belum kondusif karena KPU dihadang masyarakat.
Ketua KPU Sumut, Yulhasni mengatakan, hingga kini KPU Nisel tidak dapat masuk ke Teluk Dalam, ibukota Kabupaten Nias Selatan untuk mengambil form data DA1 (tingkat kecamatan) karena dihadang masyarakat. Pengambilan data tersebut menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu Sumut agar KPU Nisel membuka DA1 di 32 TPS di Kecamatan Toma, untuk disinkronkan dengan C1 Plano (catatan hasil penghitungan suara) Rekomendasi tersebut menyahuti pengaduan saksi Partai Berkarya di Nias Selatan.
“Teman–teman (KPU Nisel) sudah berusaha untuk melaksanakan itu. Tetapi mereka tidak bisa masuk ke kota kabupaten (Teluk Dalam) karena masyarakat Kecamatan Toma tidak setuju dibukanya kotak suara itu sebagaimana rekomendasi Bawaslu. Bahkan informasi terakhir yang kita peroleh, gudang logistik KPU Nisel sudah dikuasai masyarakat Kecamatan Toma,” kata Yulhasni di Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu(15/5/2019).
Yulhasni menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Sumut agar dapat mengamankan proses pengambilan data DA1 tersebut.
“Kalau Polda pada prinsipnya berharap tidak ada benturan dengan masyarakat akibat rekomendasi Bawaslu itu,” ujarnya.
Dikatakan Yulhasni, selain masih menunggu Kabupaten Nisel, KPU Sumut juga masih menunggu hasil rekapitulasi Kabupaten Deli Serdang yang akan selesai malam ini.
“KPU Deliserdang berjanji selesai hari ini selepas maghrib jam 20.00 WIB. Jadi nggak mungkin juga kita buka rapat pleno malam ini, makanya besok baru kita gelar kembali rapat pleno,” ujarnya.
Menurut Yulhasni, pihaknya sudah mendapat persetujuan dari KPU RI untuk memperpanjang rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi sampai 18 Mei 2019.
“Besok kita mulai tanggal 16. Kita proses Deliserdang sampai menunggu Nias Selatan,” pungkasnya. (rri.co.id/rs)

Komentar Facebook