Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz Bagikan Tips Tetap Bugar Bekerja Selama Bulan Puasa, Ini Rahasianya

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Bulan Suci Ramadan memang yang dinanti bagi umat Islam. Kenapa tidak, karena bulan yang penuh berkah ini menyimpan rasa bangga disetiap mereka yang menjalaninya.

Ibadah yang datang sebulan dalam setahun ini mengharuskan umat Islam untuk bangun sebelum subuh agar bersantap sahur yang nantinya akan menahan lapar dan dahaga sampai mata hari terbenam.

Dalam ibadah tahunan ini, ternyata Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Khusin Dwihananto mempunyai kebiasaan yang patut dicontoh. Kenapa tidak, bagi orang nomor dua di Polda Sumut ini dengan rutinitas yang penuh dan terjadwal ini selama puasa ia mengaku tidak ada terkendala.

“Puasa ini bukan menjadi beban. Jalani saja. Toh juga saat bulan biasa, kita juga tidak serta-merta makan dan minum terus,”kata Brigjen Pol Mardiaz, Sabtu (18/5/2019).

Terkait puasa, ternyata Brigjen Pol Mardiaz punya menu minuman khusus untuk menjadikan dirinya tetap fit saat berpuasa.”Setiap Sahur saya harus minum jus kurma. Dan itu, ternyata membantu tubuh kita tetap fit saat menjalankan puasa,” kata mantan Kapolrestabes Medan ini.

Brigjen Pol Mardiaz mengaku saat sahur ia memakan makanan yang tidak berbeda dari hari biasanya, seperti nasi dan laukpauknya. “Saya rasa kalau makan-makanan yang di luar dari biasanya, pasti saya akan lebih banyak makannya. Dan ternyata itu tidak enak rasanya di perut. Bengah saya rasa,” ujar Brigjen Pol Mardiaz.

Brigjen Pol Mardiaz menyatakan setelah bersantap sahur dirinya memilih jus kurma untuk pendorong makanan masuk ke dalam tubuhnya.

“Saat sahur, saya juga harus memakan sayuran. Karena dengan jus kurma dan makan sayuran, tubuh kita tidak kekurangan cairan meskipun tidak makan dan minum sampai matahari terbenam,” terang Brigjen Pol Mardiaz. Mengenai kenapa memilih jus kurma dan sayuran untuk hidangan saat sahur, Brigjen Pol Mardiaz menyatakan di dalam kurma banyak vitamin yang diperlukan tubuh dan itu bisa membuat badan fit saat puasa.

Sementara saat buka puasa, Brigjen Pol Mardiaz lebih suka melepas dahaga dengan air putih. “Pilih air putih mengingat setelah berjam-jam kerongkongan tidak tersiram air. Makanya saya memilih air putih untuk membatalkan puasa ketimbang teh manis. Meskipun setelah minum air putih saya juga meminum teh manis,” terang Brigjen Pol Mardiaz.

Menu andalan Brigjen Pol Mardiaz saat Ramadan tiba yaitu nasi putih, ikan salmon abon dan brokoli kukus.

(tribunnews.com/wd)

Komentar Facebook