Sukses Tangkap Kapal Pesiar Equanimity, Kapolres Tobasa Terima Penghargaan dari FBI Amerika Serikat

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo menerima penghargaan dari Amerika Serikat melalui FBI  bersama 34 penyelidik dan penyidik ,Jumat (5/7/2019) pukul 13.00 wib s/d selesai bertempat di Rupatama Mabes Polri.

Penghargaan ini diterima Kapolres Tobasa saat ini AKBP Agus Waluyo,SIK terkait penanganan kapal pesiar Equinimity  yang diduga milik Malaysia senilai 3,5 Triliun yang dicurigai bagian dari pencucian uang di Amerika Serikat.

Kapal Equanimity bernilai Rp.3,5 Trilliun di tangkap dan disita oleh Polri pada 28 Februari 2018. Sejak saat itu, kapal mewah tersebut nyaris tidak ke mana-mana. Equanimity menambatkan jangkarnya di sekitar 5 kilometer dari pesisir timur Desa Kelan, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Kapal pesiar Equanimity sebelumnya di negara asalnya AS sudah diburu oleh Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (Federal Bureau of Investigation/FBI). Kapal mewah tersebut dicari petugas keamanan dari Negeri Paman Sam karena diduga merupakan hasil tindak pidana korupsi.Dan akhirnya kapal pesiar tersebut berhasil di amankan dan di periksa oleh Aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam aksi penangkapan/penyitaan serta Pemeriksaannya salah satu personilnya adalah Kapolres Tobasa Samosir saat ini, yaitu AKBP Agus Waluyo, SIK.

Oleh karena jasanya bersama dengan 34 rekan satu timnya dalam penangkapan dan pemeriksaan Kapal Pesiar tersebut, oleh Pemerintah Amerika Serikat melaksanakan pemberian penghargaan.

Pemberian penghargaan ini dirangkaikan sebelumnya oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui FBI melalui deputy directory David L Bowdich melakukan nota kesepahaman (MOU) dengan Mabes Polri yang dihadiri oleh Kabareskrim Mabes Polri dan wakil dari FBI , Demikian siaran pers bagian humas Polres Tobasa  Iptu Bungaran Samosir yang diterima Gosumut BiroTobasa , Sabtu,(6/7/2019). (gosumut/rs)

Komentar Facebook