Wakapolda Sumut Pimpin Sidang Terbuka Kelulusan Penerimaan Bintara Polri TA.2019, Ini Rinciannya

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Wakapolda Sumut, Brigjen Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K, M.Hum., mewakili Kapolda Sumut memimpin Sidang terbuka Kelulusan Akhir seleksi penerimaan Bintara Polri Ta. 2019, bertempat di Aula Tribrata Lt. I Mapolda Sumut, hari Kamis tanggal  01 Agustus 2019, Pkl 10.35 Wib s/d 12.00 Wib.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Eko Kristianto,  Pejabat Utama Polda Sumut, Personil Biro SDM Polda Sumut, Peserta Casis Bintara Polri Ta. 2019 serta Orangtua Casis Bintara Polri Ta. 2019.

Acara dibuka dengan Sambutan Wakapolda Sumut sekaligus Pernyataan pembukaan siding.

Selanjutnya Karo SDM Polda Sumut Drs. IK. Suardana. memberikan paparan sekaligus perangkingan nilai hasil seleksi.

Penandatanganan berita  acara hasil penetapan sidang terbuka kelulusan akhir seleksi  penerimaan Bintara Polri Ta. 2019.

Wakapolda Sumut dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran peserta seleksi serta partisipasi seluruh panitia pelaksana dan pengawas internal maupun eksternal, yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan baik sesuai dengan pentahapan yang telah ditetapkan.

“Seleksi dilaksanakan dengan prinsip betahku (bersih, transparan, akuntabel, humanis, kompetitif dan unggul), yang menggunakan aplikasi “sibetahku” sebagai aplikasi berbasis android untuk menjamin transparansi dan objektifitas dalam pelaksanaan seleksi. Selain itu proses seleksi ini juga dilakukan bebas dari korupsi, kolusi, konspirasi dan nepotisme (k3n) serta clean and clear. Oleh karena itu kita tidak perlu lagi khawatir dan ragu-ragu akan penyelenggaraan rekrutmen ini,” pesan Wakapolda.

Wakapolda berharap kepada peserta yang tidak lulus agar jangan menyerah, jangan kecewa dan jangan putus asa tapi jadikan sebagai motivasi untuk lebih baik lagi dalam mempersiapkan diri, terutama jika masih berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti kesempatan seleksi berikutnya.

“Sedangkan bagi peserta yang dinyatakan lulus tingkat akhir ini, agar jangan cepat berpuas diri dengan keadaan yang ada, terus kembangkan kemampuan intelektualitas dan skill sebaik mungkin. ikuti perkembangan teknologi informasi, sebab jalan yang saudara-saudari tempuh belum selesai,” himbaunya.

Wakapolda menambahkan agar setelah sidang kelulusan, casis akan melaksanakan pendidikan di SPN Hinai selama 7 bulan yang dimulai pada tanggal 6 Agustus, maka dari itu Wakapolda menyampaikan agar Peserta casis yang lulus agar tetap semangat dan tidak berpuas diri serta pesan Bapak Kapolda mengatakan kepada orangtua yang mengikuti agar tidak ada praktek kolusi.

Pada Pukul 10.54 Wib, Bapak Wakapolda Secara resmi membuka sidang terbuka kelulusan akhir seleksi penerimaan bintara Polri Ta. 2019.

Sementara itu, Karo SDM menyampaikan dan menegaskan kepada seluruh peserta casis untuk tidak mempercayai oknum yang menjamin kelulusan peserta karena seluruh data kelulusan berada pada panitia SDM Polda Sumut, dan mengatakan apabila ditemukan ada kecurangan maka akan di eliminasi dari pendidikan.

Karo SDM memaparkan tentang materi seleksi yang telah dilalui oleh para peserta casis bintara Polri Ptu, komsus (kompetensi khusus), Brimob, dan TI(Teknologi Informasi).

“Penerimaan Bakomsus atau Bintara kompetensi khusus diserahkan seluruhnya kepada panitia pusat, dan polda tidak ada sangkut paut dengan penerimaan bakomsus,” jelasnya.

Karo SDM juga memaparkan tentang penerimaan calon bintara polri tahun 2019 ini kelulusan tingkat panda adalah sebanyak 421 orang terdiri dari pria 391 orang dan wanita 30 orang. Sedangkan rencana kuota diktuk bintara polri ta. 2019 sesuai dengan dipa biro SDM Polda Sumut TA. 2019 untuk bintara PTU Polki sebanyak 272 yaitu PTU 250 orang, Brimob 22 orang dan untuk bintara PTU Polwan 15 orang.

Karo SDM juga memaparkan Hasil seleksi Sidang terbuka kelulusan Akhir penerimaan Bintara Polri Tahun 2019.

Sebanyak peserta Bintara Pria (Polki) yang lulus sebanyak 272 orang dengan rincian kuota 214 Polisi Tugas Umum hasil Panitia Daerah, 35 orang kuota Nias, 1 orang kuota talentscouting, dan 22 orang kuota Bakomsus.

Sementara Peserta Bintara Wanita (Polwan) yang lulus sebanyak 15 orang dengan rincian; kuota 11 Polisi Tugas Umum hasil Panitia Daerah, 2 orang kuota talentscouting, dan 2 orang kuota Bakomsus.

(rs)

Komentar Facebook