HUT Ke–71 Polwan, Polda Sumut Berikan Penyuluhan Ke 126 Calon Pekerja Migran

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Dalam rangka menyambut hari Jadi Polwan ke 71 Tahun 2019, Polwan Polda Sumut memberikan penyuluhan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia bertempat di Jl Sakti Lubis no 14 Medan, Senin (12/08/19).

Penyuluhan diberikan langsung oleh perwakilan Polwan Polda Sumut yaitu Kompol Haryani.S.Sos.MAP, AKP Saria Parhusip, AKP Artha Sebayang,SH, serta AKP Efriyanti.SH

Sebanyak 126 orang Calon Pekerja Migran Indonesia yang akan diberangkatkan ke Negara Malaysia sangat antusias mengikuti penyuluhan ini. Penyuluhan ini sebagai bekal bagi para ccalon Pekerja Migran untuk bekerja dengan baik dan taat terhadap peraturan hukum yang berlaku.

Para calon pekerja Migran ini diberikan pemahaman hukum kepada agar terhindar untik menjadi pelaku kejahatan yang berhubungan dengan membuat surat palsu, menyuruh menempatkan keterangan palsu pada suatu akta autentik, aborsi dan penganiayaan.

Selain itu turut diberikan pemahaman terkait UU ITE no 11 thn 2008 untuk tidak menyebarkan berita Hoax, ujaran kebencian, pengancaman dan pencemaran nama baik, SARA, serta Penyebaran Pornografi.

Tak hanya itu, para calon pekerja juga diberi penjelasan terkait UU no 35 th 2009 ttg Narrkoba sehingga mencegah calon pekerja menjadi kurir Narkoba, UU no 23 tahun 2004 tentang KDRT khususnya menyangkut masalah penelantaran keluarga, serta UU 17 tahun 2016 Perlindungan anak terkait tindakan susila dan pencabulan terhadap anak dibawah umur.

Para calon pekerja calon pekerja juga diminta agar mempergunakan android untuk mencari informasi tentang UU yang berlaku di Negara tempat mereka bekerja sehingga tidak menjadi korban akibat buta hukum dan belajar lewat media sosial tentang perlindungan hukum terhadap calon pekerja dinegara tempat mereka bekerja.

Para calon pekerja pun diberi kesempatan untuk tanya jawab dan kegiatan diakhiri dengan foto bersama. (dikonews7.com/wd)

Komentar Facebook