Polda Sumut dan Jajaran Belum Luncurkan Smart SIM

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dan jajaran belum meluncurkan kartu Smart SIM kepada para pemilik kendaraan.

Hal itu mengingat penggunaan Smart SIM akan diberlakukan di Polda Metro Jaya dalam waktu dekat ini.

Demikan hal itu disampaikan Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, saat dikonfirmasi Waspada Online, Jumat (6/9).

AKBP MP Nainggolan menjelaskan penggunaan Smart SIM akan lakukan secara bertahap di setiap provinsi–provinsi se Indonesia termasuk di Sumatera Utara.

Namun begitu, AKBP MP Nainggolan mengaku sampai saat ini belum instruksi maupun laporan mengenai penggunaan Smart SIM di Sumut.

“Ya, kalau nanti diluncurkan (Smart SIM) dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sehingga mengerti cara menggunakan,” ujar AKBP MP Nainggolan.

Diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap meluncurkan Smart SIM sebagai Surat Izin Mengemudi (SIM) baru pada tanggal 22 September 2019 nanti tepat di Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri, menyatakan bahwa Smart SIM ini nanti menyimpan cip dengan kapasitas yang sudah disesuaikan untuk merekam data pemegang SIM. Desain dan tampilan dari Smart SIM ini pun akan dibuat berbeda dengan SIM lama yang banyak beredar di masyarakat saat ini.

Tak hanya itu, Smart SIM juga memiliki beberapa kelebihan yakni berisi data identitas forensik kepolisian dan pelanggaran lalu lintas pengendara tercatat dengan baik di kartu Smart SIM ini dan dapat di lihat juga dipantau secara online.

Bisa digunakan untuk membayar denda tilang, telah bekerja sama dengan 3 bank (BNI, BRI dan Mandiri) jadi, Smart SIM bisa diisi saldo hingga Rp2 juta.

Bahkan, bisa digunakan layaknya e–money, baik untuk membayar tol, KRL, hingga berbelanja online. (waspada.co.id/wd)

Komentar Facebook