Polda Sumut Masih Selidiki Penyebab Karhutla di Perbukitan Danau Toba

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Terkait maraknya kebakaran hutan (Karhutla), kepolisian selidiki kebakaran di kawasan perbukitan Danau Toba Desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

khususnya, Polsek Sumbul dan Polres Dairi Kasubbid Penmas Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan, hasil pemeriksaan sementara, kebakaran bukan lahan hutan melainkan ladang milik masyarakat. “Bukan kawasan hutan, tapi perladangan masyarakat. Memang ladang itu perbatasan dengan hutan. Tapi, yang terbakar adalah ladang, yang luasnya diperkirakan satu hektare.

Kita masih lidik,” kata AKBP MP Nainggolan kepada wartawan. Jumat (20/9). Dari hasil penyelidikan sementara, dugaan asal kebakaran terjadi disebabkan puntung rokok milik warga atau petani yang bekerja atau yang sedang melintas. “Rumput ilalang yang ada di perladangan masyarakat sedang kering karena beberapa minggu terakhir tidak ada hujan di Kecamatan Silahisabungan,” beber AKBP MP Nainggolan.

Sebelumnya, sekitar 20 hektar kawasan hutan di tepi Danau Toba di Desa Silalahi III Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, Provinsi Sumut terbakar, Rabu (18/9). Penyebabnya diduga karena puntung rokok.

Mengetahui informasi itu brigade pengendalian kebakaran hutan Manggala Agni Daops Sibolangit, langsung turun ke lokasi bersama tim Gabungan TNI, POLRI dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Tim gabungan cukup kesulitan menuju lokasi lantaran Medan yang dilalui cukup berat dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Tukas AKBP MP Nainggolan. (dikonews7.com/wd)

Komentar Facebook