Penyelam yang Temukan Ratusan Goni Bangkai Ikan di Danau Toba Hadiri Pemeriksaan di Poldasu

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Larry Holmes Hutapea, penyelam yang menemukan ratusan goni (karung) bangkai ikan di perairan Danau Toba, di Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir Rabu (25/9) menghadiri panggilan penyidik Direktorat Kriminal Khusus/Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja XII Medan Amplas.

Informasi yang dihimpun wartawan, kedatangan Larry Holmes Hutapea berdasarkan Surat Panggilan Polisi yang tertuang dalam Nomor : S.Pgl/1445/IX/2019/Ditreskrimsus Polda Sumut tanggal 23 September 2019.

Ia diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan pencemaran lingkungan (pembuangan ratusan goni bangkai ikan) di perairan Danau Toba. Kasus tersebut terjadi sekitar Januari 2019 lalu, dan telah dilaporkan oleh sejumlah organisasi masyarakat dan lingkungan hidup ke Polres Tobasa. Namun kasus tersebut kini ditangani Ditreskrimsus Polda Sumut.

Terkait pemanggilan tersebut, Direktur Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Ronni Samtana saat dikonfirmasi melalui Kassubid Penmas AKBP MP Nainggolan membenarkan dilakukannya pemeriksaan terhadap Larry Holmes Hutapea.

“Ya benar, sudah dilakukan pemeriksaan. Yang bersangkutan (Larry Holmes Hutapea) diperiksa sebagai saksi dugaan pencemaran lingkungan,” ujar AKBP MP Nainggolan di ruang kerjanya.

Sedangkan untuk kasus tersebut, MP Nainggolan menyebut saat ini masih dalam status penyelidikan.

“Jadi kasusnya ini masih lidik,” tutup AKBP MP Nainggolan. Informasi tambahan yang dihimpun wartawan, Larry diperiksa penyidik Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumut sekitar pukul 10.00 WIB, hingga sekitar pukul 14.00 WIB.

Laporan tersebut bermula saat Larry Holmes menyelam ke Dasar Danau Toba, tak jauh dari keramba milik perusahaan budidaya ikan di Desa Sirungkungon, Ajibata, Kabupaten Tobasa. Ia menemukan ratusan goni bangkai ikan mati yang diduga sengaja dibuang oleh perusahaan.

Penemuan bangkai ikan itu sendiri sempat menjadi perbincangan publik dan santer diberitakan di sejumlah media. (hariansib.com/wd)

Komentar Facebook