Polisi Akan Gelar Razia Operasi Zebra Toba 2019 di Kota Medan, Cek Kelengkapan Surat-surat Anda

Tribratanews Sumut – Satlantas Polrestabes Medan akan melakukan Operasi Zebra Toba 2019. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan.

“Kegiatan ini akan dimulai pada akhir bulan oktober ini dan akan dilaksanakan selama 14 hari.

Mengenai tanggalnya masih belum kita pastikan. Ini hanya untuk halo-halo saja dulu kepada masyarakat,”kata Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihartini, Sabtu (12/10/2019).

Orang nomor satu di Satlantas Polrestabes Medan ini mengatakan dalam kegiatan Operasi Zebra Toba 2019 ini memiliki dua tujuan dilakukannya kegiatan ini.

Adapun tujuan Operasi Zebra Toba 2019 ini, kata wanita dengan dua melati dipundaknya yaitu untuk tertib administrasi kendaraan bermotor dan pengemudi melalui identifikasi keabsahan administrasi kendaraan bermotor dan pengemudi sesuai aturan yang berlaku.

“Tujuan operasi ini juga untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas yang lebih baik melalui upaya penegakan hukum untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,”terangnya.

Masih dikatakan Juliani, ada 8 target Operasi Zebra Toba 2019, yaitu pengemudi yang tidak memiliki SIM.

Disamping itu, pengemudi yang surat izin mengemudi yang tidak sesuai dengan kendaraan atau peruntukannya, pengemudi yang di bawah umur, pengemudi yang melanggar rambu dan atau Marka jalan.

Kemudian, melawan arus saat mengemudikan kendaraan, tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah dan kendaraan melebihi berat muatan.

Selain itu juga, aku mantan Kapolsek Medan Timur ini, dalam operasi ini juga pihaknya akan melihat keabsahan SIM dan ranmor yang tidak sesuai dengan UU atau peraturan dan ketentuan SIM, STNK serta TNKB.

“Kita juga akan melakukan tindakan kepada kendaraan yang menggunakan atau memasang lampu isyarat lalu lintas seperti rotator atau Strobo,”terangnya.

Kemudian, masih dikatakan Juliani, ranmor yang melanggar berat muatan dan tidak sesuai peruntukan dan laik jalan serta UU lalu lintas lainnya.

“Kita berharap agar masyarakat Kota Medan mematuhi peraturan lalu lintas agar aman, selamat dan lancar. Kalau bukan kita yang peduli dengan keselamatan diri sendiri, siapa lagi,” kata AKBP Juliani.

(tribunmedan/rs)

 

Komentar Facebook