Polda Sumut Ungkap Pelaku Pencurian Modus Pembongkaran Rumah

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Telah terjadi tindak pidana pencurian yang terjadi pada hari Senin tanggal 14 Oktober 2019, diketahui pukul 17.00 WB di Jalan Bunga Sedap Malam XI No. 8 Kel. Sempakata Kec. Medan Selayang Kota Medan. Adapun kejadiannya adalah sekitar pukul 17.00 WIB pada saat itu korban menerima pesan melalui WA (Whatsapp) handphone korban dari menantu korban memberitahukan bahwa rumah korban telah kebongkaran dibobol maling, kemudian korban pun pulang ke rumah dan melihat rumah miliknya memang benar barang-barang milikkorban telah berantakan. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian berupa 1 (satu) unit TV merk LG 32 inc, 1 (satu) unit TV merk Changhong 21 inc, 30 (tiga puluh) buah jam tangan, 15 (lima belas) buah cincin emas, 10 (sepuluh) buah kalung emas, 10 (sepuluh) buah mainan kalung, 6 (enam) buah gelang emas, 1 (satu) buah gelang berlian, 5 (lima) buah kerabu berlian dan 1 (satu) unit handphone Samsung dengan nomor kartu 081262454597 dan dokumen penting lainnya. Atas kejadian ini korban merasa keberatan selanjutnya ke POLSEK SUNGGAL guna pelaku dapat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Tersangka :

  1. NOFITRA JONSON TAMPUBOLON Als JONSON, laki-laki, umur 34 tahun, agama Kristen, pekerjaan Wiraswast, alamat Jalan Bunga Rampai VI Kel. Simalingkar B Kec. Medan Tuntungan Kota Medan(berperan memantau situsai sekitar rumah)
  2. PINOLIA PITALIS PERANGIN-ANGIN Als NANGIN, laki-laki, umur 38 tahun, agama Kristen, pekerjaan Wiraswasta, alamat Jalan Jalan Karya Bhakti Gg. Subur II No. 31 Kel. Pangkalan Mansyur Kec. Medan Polonia Kota Medan a/l Jalan Pintu Air IV Lingga Raya Gang Lingga Raya 3 Ujung Kel. Kwala BekalaKec. Medan Johor Kota Medan (berperan mencari rumah yang akan dilakukan pencurian serta memantau situasi sekitar rumah dan mengemudikan mobil menuju rumah lokasi pencurian)
  3. SYAHROL Als AROL Als OMPONG, Laki-laki, umur 35 tahun, agama Islam, pekerjaanKuli Bangunan, alamat Jalan Bunga Gardiol, Ladang Bambu, Kec. Medan Tuntungan Kota Medan a/l Simalingkar B Komplek IDI (berperanmenyediakan gunting besi untuk merusak gembok pagar dan ikut masuk ke dalam rumah dan mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah)
  4. SULAIMAN GINTING Als GINTING, laki-laki, umur 35 tahun, agama Islam, pekerjaanWiraswasta, Desa Munte Kec. Munte Kab. Karo(berperanmerusak pagar rumah dan ikut masuk ke dalam rumah dan mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah)
  5. ANTONY PANDAPOTAN HUTASOIT Als GONDRONG, laki-laki, umur 35 tahun, agama Kristen Protestan, pekerjaan Wiraswasta, Jalan Pintu Air Gg. Gaharu Kel. Kwala Bekala Kec. Medan Johor KotaMedan(berperan menyediakan alat dan merusak pintu rumah dan juga ikut masuk ke dalam rumah untuk mengambil barang-barang yang berharga di dalam rumah).

Korban :

PAHAM TARIGAN, SE, SH, MKN, laki-laki, 56 tahun, Kristen, Notaris, Jalan Bunga Sedap Malam XI No. 8 Kel. Sempakata Kec. Medan Selayang Kota Medan.

BarangBukti :

–              Uang tunai sebesar Rp. 1.600.000,- (satu juta enam ratus ribu rupiah).

–              1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario BK 2141 PHB

–              5 (lima) unit handphone

–              12 (dua belas) buah jam tangan

–              1 (satu) unit laptop beserta tas merk Lenovo

–              1 (satu) unit TV merk Changhong

–              2 (dua) buah kalung salib

–              5 (lima) pasang kerabu emas

–              10 (sepuluh) buah cincin emas

–              10 (sepuluh) buah gelang emas

–              2 (dua) buah tas warna Coklat

–              1 (satu) buah gunting besi

–              1 (satu) buah pisau

–              3 (tiga) kunci leter “L”

–              1 (satu) buah anak kunci leter “L”

Pasal Yang Dilanggar :

pasal 363KUHPidana (ancaman hukuman 9 tahun).

Rencana Tindak Lanjut :

–              Melakukan pencarian terhadap tersangka lainnyadan unit sepeda motor milik korban

–              MelakukanPemberkasan / MengirimkanBerkasKe JPU

–              MengirimTersangka dan BarangBuktiKe JPU.

(rs)

Komentar Facebook