Tim Jibom Polda Sumut Distrakter Bom Hasil Rakitan Terduga Teroris Medan

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Polisi menjinakkan bom yang didapat dari kelompok terduga teroris di Medan. Proses penjinakan ini dilakukan dengan cara distrakter oleh tim penjinak bom Polda Sumatera Utara.
Proses distrakter bom ini dilakukan di areal perkebunan Jalan Sei Bederak, Desa Kelumpang, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (21/11/2019).
“Kita laksanakan distrakter, beda dengan yang disposal penghancuran, ini dicerai berai, hasilnya ada casing-ngnya dari kaleng sarden, kabel, isinya dari paku, handak,” kata personel Jibom Polda Sumut D. Pelawi setelah melakukan distrakter.
Bom ini ditemukan di rumah salah seorang terduga teroris, Hasbillah, di Desa Sicanang Kering, Sicanang Belawan, Kota Medan. Bom ini dikubur sedalam 4 cm di areal tambak yang berjarak 100 meter dari rumah terduga teroris.
Bom yang di-distrakter ini memiliki daya ledakan yang rendah. Penjinakan dilakukan menggunakan alat distructor.
Menurut D Pelawi, bom yang di musnahkan hari ini mirip dengan bom yang didisposal pada Senin (18/11) yang lalu. “Bentuk fisiknya berbeda, tapi bahannya, secara sistem mekanis hampir sama,” jelas D Pelawi.
Selanjutnya hasil dari distrakter ini nantinya akan dibawa sebagai bukti dalam persidangan.
Kegiatan ini menjadi tontonan warga. Terlihat puluhan orang menyaksikan proses distrakter bom ini.

(detik.com/rs)

Komentar Facebook