Jelang Operasi Lilin Toba, Ditlantas Polda Sumut Temukan Masalah di Simpang Jalan SM Raja Siantar

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Jelang Operasi Lilin Toba 2019 dan arus mudik natal dan tahun baru 2020 Ditlantas melakukan pengecekan jalur wisata menuju Prapat, Danau Toba.

“Kita melihat jalur menuju tepatnya di Siantar persis di persimpangan Jalan Prapat simpang Jalan Sisingamangaraja Siantar merupakan kawasan padat penduduk dan banyak terdapat tiang Telkom,”kata Dirlantas Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin, Kamis (28/11/2019).

Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin mengaku selain itu juga di jalan tersebut padat penduduk dan bahu jalan yang rendah sehingga menghalangi kendaraan yang hendak berbelok dari kedua arah.

“Terutama kendaraan besar seperti bus dan truk. Kita juga sudah melakukan rekonstruksi sehingga kita mengetahui trouble yang ada,” ujar Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin.

Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin mengaku, pihaknya sudah berkordinasi dengan Kasatlantas Polres Siantar agar menyurati PT Telkom cabang Siantar untuk memindahkan tiang jaringan Telkom yang berada di sudut Jalan Sisingamangaraja.

“Di simpang Jalan bahu jalan rendah agar ditinggikan secara swadaya dan segera dilakukan,”ujar Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin.

Kemudian apabila terjadi kemacetan total menuju arah , Danau Toba, maka Kasat Lantas agar melakukan diskresi (keputusan yang diambil atas dasar penilaian petugas demi kepentingan khalayak ramai) dengan memasukkan kendaraan besar ke kota dan memberlakukan satu jalur.

“Kita berharap petugas di masing–masing daerah harus melakukan sosialisasi sejak sekarang untuk diketahui pemerintah dan warga setempat. Jadi apabila sewaktu–waktu diperlukan tindakan diskresi misalnya akan memberlakukan sistem one way atau contra flow dan atau pengalihan arus sementara terhadap kendaraan besar,” kata Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin.

Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin berharap Kasat Lantas Siantar dan Simalungun bisa berkordinasi terkait hal seperti ini. (tribunnews.com/wd)

Komentar Facebook