Polda Sumut Pantau Jalan Rawan Longsor Jelang Natal dan Tahun Baru

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumut melakukan monitoring jalan yang menjadi gawean Ditlantas untuk mengantisipasi terhambatnya arus lalulintas saat natal dan tahun baru 2020 yang sebentar lagi akan dirayakan masyarakat.

“Jadi di sini sengaja kita melakukan giat pemantauan jalan di luar Kota Medan dan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalulintas di jalan tempat para masyarakat yang akan melakukan liburan saat nanti,” kata Dirlantas Polda Sumut Kombes Kemas Ahmad Yamin, Sabtu (30/11/2019).

Kombes Kemas Ahmad Yamin mengatakan pihaknya melakukan kegiatan ini mulai dari tempat wisata yang ada di Sumut seperti Danau Toba, Parapat, dan Brastagi yang ada di Kabupaten Karo.

“Kami juga melakukan monitoring diperbatasan Sumut dan Aceh Singkil,” ujar Kombes Kemas Ahmad Yamin.

Dalam monitoring ini, sambungnya, pihaknya memberikan petunjuk dan arahan kepada Kasatlantas di masing–masing kabupaten/kota untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan saat perayaan .

“Termasuk juga jalanan yang rawan longsor seperti di jembatan kembar Parapat yang menuju Danau Toba sampai kepada ruas jalan yang sempit di Kota Siantar tepatnya di Jalan Sisingamangaraja,” kata Kombes Kemas Ahmad Yamin.

Kombes Kemas Ahmad Yamin mengatakan, untuk wilayah Pakpak Bharat yang berbatasan dengan Aceh Singkil, sepanjang jalur Parapat sampai Tanah Karo kondisi jalan mulus dan aspal hotmix. Sedangkan jalur dari Tanah Karo–Dairi tepatnya di kawasan hutan Lae Pondom, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi terdapat tiga titik jalan bekas longsor yang sedang diperbaiki.

“Di sini kita khawatir akan longsor kembali jika terjadi hujan secara terus menerus minimal tiga kali sehari berturut–turut. Dan kita harapkan kepada petugas yang dipimpin langsung oleh Kasatlantas untuk segera mengambil tindakan saat longsor terjadi, agar arus lalulintas tidak terhambat,” harap Kombes Kemas Ahmad Yamin.

Kemudian pada jalur Jalan dari Dairi (simpang timbangan) menuju Pakpak Bharat/Aceh Singkil ada beberapa titik jalur di wilayah Pakpak Bharat ditemukan dua titik sedang dalam pengerjaan dinas PU dan diharapkan jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sudah selesai.

Kepada para Kasatlantas, sambung Kombes Kemas Ahmad Yamin, diharapkan dapat mengintensifkan patroli ke daerah rawan longsor dan tempatkan personel untuk melakukan pengaturan pada titik perbaikan jalan yang berguna untuk mengantisipasi kemacetan panjang.

“Silahkan koordinasi dengan pihak Pemkab agar menempatkan alat berat dan menyelesaikan perbaikan jalan yang sedang dikerjakan,”kata Kombes Kemas Ahmad Yamin.

Apabila terjadi longsor dan kemacetan, akunya, segera beritahukan kepada masyarakat melalui media sosial dan media cetak. (tribunnews.com/wd)

Komentar Facebook