Berita Satker JajaranGiat Kepolisian

1 SSK Personil Brimob Sumut Kawal Aksi Demo Buruh Tolak RUU Omnibus Law

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Pada hari Rabu (02/09/2020) sekira pukul 11.00 Wib, Jalanan di depan Gedung DPRD Tk I Sumatera Utara kembali disesaki para pengunjukrasa dari DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPS), yang menolak diterbitkannya UU Omnibus Law, khususnya Claster Pekerjaan. Menyikapi aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh KSPS tersebut, Satuan Brimob Polda Sumut menurunkan sedikitnya 1 SSK personil, guna mengawal jalannya aksi unjuk rasa yang dilaksanakan di depan Gedung DPRD Tk I Sumut, Jalan Imam Bonjol No. 5 Medan.

Terpantau, personil Brimob Sumut yang saat ini melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa berada di bawah Komando Wadanyon C Pelopor Kompol M. Manullang, selaku pimpinan pengamanan di lapangan. Dalam aksi demo tersebut, sedikitnya ada 6 (enam) tuntutan yang di minta pengunjuk rasa kepada anggota DPRD Tk I Sumut pada aksi hari ini, antara lain : Pertama, mereka menolak Omnibuslaw khususnya Claster Pekerjaan, lalu yang kedua mendesak dan menolak, agar tidak ada lagi yang telah diputuskan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Pada poin ketiga, mereka juga mendukung agar UU No.13 Tahun 2003 tetap diberlakukan sebagai dasar pelindung pekerja/buruh.

Untuk poin yang keempat, agar Dewan Pengupahan Kota (DEPEKO) Medan tetap bersidang membahas UMK-UMSK Kota Medan tahun 2021, untuk direkomendasikan ke Walikota Medan dan ditetapkan oleh Gubernur Sumut. Sedangkan tuntutan yang kelima, segera menetapkan SK DEPEKO Kota Medan berdasarkan hasil yang telah diverifikasi oleh Pemko Medan CQ Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, sehubungan dengan berakhirnya SK DEPEKO Medan periode 2017-2020.

Pada tuntutan yang terakhir, para buruh meminta difungsikannya lembaga-lembaga yang terkait Ketenagakerjaan kota Medan, sebagaimana halnya Dinas Tenaga Kerja Sumut dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten lainnya. Menanggapi aksi demo buruh tersebut, Humas Brimob Sumut Brigadir Rizki, SN, S.H., saat ditemui di lokasi unjuk rasa mengatakan, bahwa pihaknya saat ini mensiagakan 1 SSK dari Satuan Brimob Polda Sumut, untuk mengawal aksi unjuk rasa tersebut.

“Hari ini, sebanyak 1 SSK personil kita yang diturunkan dalam mengawal aksi ini, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Sejauh ini, aksi yang mereka lakukan masih sangat tertib, dan kita semua berharap aksi demo ini dapat berakhir dengan damai,” kata Brigadir Rizki. Saat di tanya terkait isi tuntutan yang di sampaikan oleh pengunjukrasa, Lebih lanjut ia mengatakan, “setidaknya ada 6 tuntutan yang mereka suarakan, salah satunya menolak UU Omnibus Law. Kita akan kawal sampai selesai aksi demo ini,” jelasnya. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button