Giat Kepolisian

Antisipasi Kemungkinan Kericuhan Pilkades Labuhan Batu, Polres Labuhan Batu Apel Gelar Pasukan

Tribratanews.sumut.polri.go.id- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Labuhanbatu dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan. Sejalan dengan itu ribuan personil gabungan TNI, Polri dan Sipil disiapkan.

Hal itu diungkapkan Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol Wirhan Arif dalam Apel Gelar Pasukan di Lapangan Ika Bina, Rantauprapat, Labuhanbatu Senin (32/10/2022) pagi.

Ada sebanyak 39 Desa se – Labuhanbatu yang akan menggelar Pilkades tahun ini dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 207 TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 91.371 orang.

Dalam Pilkades serentak yang akan digelar Rabu tanggal 2 November 2022 mendatang Personil gabungan pengamanan sebanyak 1.305 personil, diantaranya, TNI sebanyak 92 orang, Polres Labuhanbatu 639 personil, Brimob Polda Sumut 100 orang serta Intelkam, Propam dan Reskrimum Polda Sumut masing – masing sebanyak 7 personil.

Kemudian Satpol PP ada sebanyak 39 personil dan Linmas sebanyak 414 orang.

“Nantinya, 414 personil linmas ini ditempatkan di 207 TPS dan masing – masing TPS 2 personil,” kata Kompol Wirhan Arif

Selain itu, Polres Labuhanbatu juga telah memetakan Sejumlah Desa dengan kategori cukup rawan, rawan dan kurang rawan yang berpotensi kericuhan dalam pelaksanaan Pilkades Kali ini.

Dari 39 Desa yang ikut Pilkades 9 Desa dianggap rawan dan 24 Desa dianggap kurang rawan. Untuk mengantisipasi potensi – potensi itu, Polres Labuhanbatu telah menyusun strategi di Sejumlah titik Desa yang dianggap rawan tersebut.

Melalui patroli diologis serta penggalangan deteksi dini dari Intel Polres sehingga konflik – konflik dan potensi keributan dapat diredam.

“Alhamdulillah sejauh ini konflik – konflik serta potensi – potensi keributaan dapat kita redam,” sebut Kompol Wirhan Arif. (ARD)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button