Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Antisipasi Peredaran Narkotika, Satpolairud Polres Tanjung Balai Hentikan Kapal Nelayan

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Personil Satpolair Polres Tanjung Balai kembali menghentikan sebuah kapal dengan nama KM Untung Guna. Penghentian ini dilakukan pada Jumat (5/8/2022).

Dalam pemeriksaan, patroli perairan itu juga bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap kapal-kapal yang dicurigai membawa imigran ilegal, barang-barang terlarang, serta ilegal fishing.

“Patroli perairan dilaksanakan bertujuan untuk melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang diduga membawa Pekerja Imigran Ilegal (PMI), barang ilegal yang dilarang keluar atau masuk melalui perairan Tanjung Balai, ilegal fishing, PMI yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal dan barang-barang ilegal lainnya seperti ballpress dan narkoba,” kata Kapolres Tanjungbalai AKBP Ahmad Yusuf Afandi.

Tak hanya itu, patroli ini juga dilakukan guna mengimbau para nelayan agar melengkapi dokumen kapal serta melengkapi alat keselamatan.

“Selain itu patroli perairan juga bertujuan untuk menjaga keselamatan berlayar para nelayan agar terlebih dahulu melakukan pemeriksaan sebelum berangkat melaut, dilakukan pemeriksaan seperti periksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti jaket pelampung, ring boy, apar dan kotak P3K,” jelas Ahmad.

Sementara itu, Kasatpolair Polres Tanjungbalai, AKP T Sianturi mengatakan, Tim Regu IV yaitu Bripka L Gurning dan Bripka Juanda melakukan pengejaran terhadap satu unit kapal yang datang dari laut tujuan Tanjungbalai, diposisi atau koordinat N = 2° 59′ 27″ E = 99° 50′ 405

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim regu IV membuktikan jika kapal tersebut tidak melengkapi dokumen. Akan tetapi, kapal nelayan ini diberi izin untuk kembali ke daratan karena tidak ditemukan membawa barang-barang ilegal.

“Hasil pemeriksaan dari KM Untung Guna, dokumen kapal juga tidak lengkap yang dinakhodai oleh Sabar. Selanjutnya kepada nahkoda diberikan imbauan dan arahan agar melengkapi dokumen kapal, memeriksa body dan mesin kapal sebelum berangkat ke laut, agar selalu waspada dan menjaga keselamatan berlayar dan berkerja di laut dan jangan lupa bawa pelampung,” kata T Sianturi. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button