Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Antisipasi PMK, Sat Binmas Polres Padangsidimpuan Sosialisasi ke Peternak

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Sub Satgas Binmas Ops Aman Nuas II diwakili KBO Iptu Ida Meri kembali memberi imbauan dan sosialisasi ke para peternak.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Iptu Ida Meri mengatakan kali ini sosialisasi dilakukan kepada pemilik ternak Amran Hasibuan yang berada di Jalan BM Muda, Desa Aek Tuhul, Kecamatan Batunadua, Kota Padangsidimpuan.

“Pemilik ternak cukup antusias menerima kedatangan personel yang melaksanakan sosialisasi,” kata Iptu Ida Meri, Rabu (3/8/2022).

Lebih jauh, Iptu Ida Meri juga mengatakan ke pemilik ternak, apabila hendak membeli hewan dari luar Padangsidimpuan, maka harus dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), begitu juga sebaliknya.

Di peternakan milik Amran Hasibuan, kata Iptu Ida Meri, terdapat 10 ekor lembu dengan rincian 6 ekor jantan dan 4 ekor betina.

Sampai saat ini, akunya, belum ditemukan hewan ternak yang terkonfirmasi PMK di peternakan milik Amran Hasibuan tersebut.

“Meski tidak menularkan ke manusia, namun akibat wabah PMK bisa saja membuat hewan ternak Tenti. Tentu, apabila hewan ternak mati, maka akan mengakibatkan kerugian materil bagi para peternak,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau ke peternak agar segera menghubungi Dinas Pertanian atau dokter hewan setempat, jika menemukan gejala-gejala PMK di hewan ternak.

Sebelum meninggalkan lokasi, personel Sat Binmas juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas ke masyarakat. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button