Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Bimtek Pilkades di Dolok Merawan, Kapolres Tebing Tinggi : P2KD Harus Netral

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Kapolres Tebing Tinggi Polda Sumut AKBP M Kunto Wibisono SH, SIK, MSi menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap P2KD dan Pembantu P2KD tentang penjelasan teknis hari “H” Pemilihan Kepala Desa terkhusus jumlah TPSnya lebih dari satu, Jumat (25/3/2022) di aula Kantor Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai yang termasuk wilayah hukum Polres Tebing Tinggi.

Hadir dalam kegiatan Kadis PMD Kab. Sergai Sri Ramayani, S. Sos, Camat Dolok Merawan Alfian Purba SE, MM, Kabid PMD Kab. Sergai Riadi Putra Sinuraya, Danramil 14 / Dolmer Kapten Inf B Lumbanraja, Kapolsek Dolok Merawan AKP Asmon Bufitra SH. MH, Ps. Kanit Binmas Aiptu Irwadi, Ps. Kanit Intel Polsek Dolok Merawan Aiptu M. Sitorus, Bhabinkamtibmas Polsek Dolok Merawan, Ketua dan Anggota P2KD serta Ketua dan Anggota Pembantu P2KD.

 Kasi Humas AKP Agus Arianto mengatakan dalam kesempatan tersebut untuk mengawali sambutan, yakni Kapolres Tebing Tinggi AKBP Mochamad Kunto Wibisono S.H., SI.K., M.Si yang menyampaikan harapannya kepada anggota P2KD harus netral, jangan menimbulkan polemik pada saat pelaksanaan Pilkades.

“Kami dari pihak keamanan saat sekarang ini sudah melekat sehubungan dengan pelaksanaan Pilkades. Kami tidak segan menindak anggota P2KD bila ada yang bermain curang. Anggota P2KD harus memperhatikan jumlah kertas suara perTPS.

Mari kita berkerja sama dan sama bekerja, sehingga situasi aman dan kondusif” ungkap Kapolres.

 Lebih lanjut, Kapolres menyebut anggota P2KD jangan lupa memberikan undangan kepada pemilih dan tanda terimanya. Untuk setiap TPS pemilih/DPT minimal 500 orang dan tidak boleh lebih.

“Tetap menjaga berita acara hasil penghitungan suara dan tetap berkordinasi dengan personel yang melaksanakan pengamanan” tutup Kapolres.

Di tempat sama, Kadis PMD kabupaten Sergai Sri Rahmayani menyampaikan kepada P2KD agar lebih jeli membaca situasi daerahnya yang melaksanakan Pilkades.

“Dicek betul logistik surat suara sesuai jumlah DPT dan di tambah 10 persen surat suara tambahan sesuai DPT, apabila surat suara berlebih harap di musnahkan. Cek kondisi gambar calon, harus jelas tidak ada buram dan tidak boleh menambah tanda tanda lain” katanya.

Dalam masa tenang, imbuhnya, pasangan calon wajib membersihkan atribut/ baleho kampanye yang ada di desa dan lokasi TPS.

Sementara itu Kapolsek Dolok Merawan AKP Asmon Bufitra, SH, MH turut menyampaikan bahwa kegiatan Pilkades yang dilaksanakan, untuk bersama-sama ciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif sesuai kesepakatan para Calon Kades dan P2KD.

“Kami dari pihak Kepolisian siap menciptakan rasa aman dan suksesnya Pilkades di 10 (sepuluh) Desa Kec. Dolok Merawan” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan Bimtek terhadap P2KD dan Pembantu P2KD tentang penjelasan teknis Hari “H” Pemilihan Kepala Desa terkhusus jumlah TPSnya lebih dari Satu.

Sebagai informasi, Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada P2KD dan pembantu P2KD dalam melaksanakan tugasnya pada saat hari “H” pemungutan suara pada pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2022. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button