Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Cegah Penjualan Daging Riwayat Penyakit Mulut dan Kuku, Kapolres Sibolga Sidak Rumah Potong Hewan

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja SH SIK bersama dengan PJU Polres Sibolga serta unsur Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Sibolga, melakukan peninjauan dan pengawasan langsung terhadap Rumah Potong Hewan di Wilayah kota Sibolga, Sabtu (14/5/2022).

Hasil peninjauan bahwa sejauh ini belum ada ditemukan penyakit hewan menular.

menurut keterangan dari Kweumaster RPH Santeong Otolius Mendrofa, S.Pi, bahwa pemotongan hewan babi perhari sebanyak 4 – 5 ekor dan hewan.

Babi berasal dari peternakan PTAlgerindo beralamat di Tiga Runggu Purba Kabupaten Simalungun disertai dengan surat keterangan hewan sehat dan sebelum dilakukan pemotongan terlebih dahulu diperiksa kesehatan fisik hewan babi tsb oleh Kweumaster.

Selanjutnya Kapolres Sibolga bersama dengan PJU Polres Sibolga dan Unsur Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Sibolga melakukan peninjauan dan pengecekan di RPH khusus Sapi / Kerbau Aek Parombunan, di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Aek Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan Kota Sibolga,

Kapolres Sibolga AKBP Taryono mengatakan, khusus pada Sapi dan Kerbau, sejauh ini belum ada ditemukan penyakit hewan menular.

Menurut keterangan dari Kweumaster RPH Aek Parombunan Hengki Chaniago menerangkan dalam perhari RPH memotong kerbau sebanyak 3 ekor, kerbau tsb berasal dari peternak perorangan di Wilayah Tapteng.

Sebelum dilakukan pemotongan terhadap hewan kerbau tsb terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan dari segi fisik hewan di dinas kelautan, perikanan dan peternakan kota sibolga dgn melibatkan dokter hewan, bila sehat akan dikeluarkan surat keterangan sehat.

Kapolres Sibolga menyampaikan kepada Pihak Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Sibolga dan pihak RPH agar mengawasi masuknya hewan ternak seperti Kerbau atau sapi khususnya dari Aceh yang saat ini sudah ada indikasi temuan penyakit mulut dan kuku (PMK) padaSapi, serta mendatakan darimana asal hewan ternak baik itu Sapi, Kerbau, Babi yg hendak dipotong di RPH Sibolga. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button