Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Dengan Penuh Hikmat, Satlantas Polres Sergai dan Masyarakat Hening Cipta Detik-Detik Proklamasi di Jalinsum

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Guna membangkitkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam situasi pandemi Covid-19 di momen HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Serdang Bedagai menggelar hening cipta bersama masyarakat dan pengguna jalan bertempat di Jalinsum Depan Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (17/8/2021) pagi.

Kegiatan diawali personil Satlantas melakukan penyetopan kendaraan baik dari arah Tebing Tinggi menuju Medan dan arah sebaliknya. Selanjutnya  personil menghimbau kepada pengendara yang dihentikan agar mematikan kenderaan serta turun dari kendaraan masing masing. Setelahnya, Kasat Lantas Polres Sergai AKP Agung Basuni, SH, SIK memberikan arahan kepada para pengendara yang dihentikan tentang pelaksanaan hening cipta detik detik Proklamasi Kemerdekaan RI serta memimpin pelaksanaan hening cipta selama 3 (tiga) menit.

Dari pantauan sorothukum.com dilokasi, personil Satlantas, masyarakat dan pengguna jalan tampak khidmat melaksanakan hening cipta tersebut. Setelah pelaksanaan hening cipta, arus lalu lintas kembali dibuka untuk pengguna jalan.

Usai pelaksanaan hening cipta, Kasat Lantas Polres Sergai AKP Agung Basuni menyampaikan tujuan kegiatan selain untuk membangkitkan kecintaan terhadap negara, kegiatan yang digelar secara sederhana dan penuh khidmat ini diharapkan mampu membangun jiwa persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Kasat Lantas menambahkan, hening cipta ini juga dilaksanakan secara serentak dibeberapa titik antara lain Jalinsum depan Mapolres Sergai, Jalinsum Depan Pos Lantas Sei Bamban, Jalinsum Simpang Tiga Perbaungan serta depan Pos Lantas Dolok Masihul.

Pada kegiatan ini, sambung Agung, ikut melibatkan personil Satlantas, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pramuka, serta menyasar kepada masyarakat serta pengguna jalan yang melintas di Jalinsum. Selain itu giat diisi dengan memberikan penerangan tentang adaptasi kebiasaan baru dalam rangka Pencegahaan  virus corona sebagai bagian dari pelayanan Polri yang PRESISI, pungkasnya.

Anto (35 tahun) warga Medan yang hendak melintas saat diwawancarai sorothukum.com menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan hening cipta yang digelar Satlantas Polres Sergai tersebut. “Belum pernah seumur hidup saya merasa khidmat mengheningkan cipta seperti ini, terlebih dilaksanakan ditengah jalan raya. Hal ini tentu menambah kecintaan terhadap negara dan meningkatkan persatuan untuk bersama menghadapi covid-19” ujarnya. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button