Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Dukung Ketahanan Pangan, Polres Palas dan Kodim 0212/TS Bekerjasama Dengan Pemda Budidaya Jagung

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Polres Padanglawas (Palas) dan Kodim 0212/TS bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Padanglawas (Palas) melakukan penanaman serentak budidaya jagung untuk mendukung ketahanan pangan.

Kegiatan penanaman jagung serentak di areal lahan kosong milik Kodim 0212 yang berlokasi di wilayah Kecamatan Sosa Julu, Selasa (26/7/2022).

Secara simbolis penanaman dilakukan Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Dandim 0212/TS, Letkol Inf Amrizal Nasution, Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar serta Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution mengatakan, memanfaat lahan kosong dengan budidaya tanaman jagung memberi manfaat untuk mendukung program ketahanan pangan.

“Semaksimalkan lahan kosong dengan tanaman jagung akan memberi manfaat untuk memenuhui kebutuhan pangan di masyarakat,” katanya.

Kata Dandim, penanaman jagung dilahan tidur ini untuk memenuhui kebutuhan pangan merupakan perintah langsung dan program dari Kasad Jenderal TNI Dr Dudung Abdu Rachman.

“Setelah lahan tidur ini dimanfaat untuk dikelola dengan budidaya tanaman jagung,hendaknya dipelihara,dijaga dan dirawat dengan baik agar terwujudkanya ketahanan pangan,” pintanya kepada seluruh jajaran Koramil Kodim 0212/TS.

Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu menyampaikan dukungan program ketahanan pangan di wilayah Kodim 0212/TS yang manfaanya sangat strategis dan erat hubungannnya untuk ketahanan pangan.

“Atas nama pemerintah, kita sangat mendukung program ketahanan pangan ini untuk keselarasan dan keseimbangan menggerakan budidaya tanaman jagung dengan memanfaafkaan lahan tidur dalam memenuhui kebutuhan pangan di daerah Kabupaten Palas,” katanya.

Dikesempatan itu juga, Plt Bupati mengingatkan, Camat Sosa Julu dan Kepala Desa untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur dikelola dengan baik guna mengimbangi kebutuhan pangan di masyarakat.

“Perlu kita ketahui bersama,bahwa kebutuhan bahan pokok saat ini terus meningkat. Sedangkan komoditasnya semakin berkurang sehingga untuk memenuhi pangan tersebut dibutuhkan impor barang, sehingga terjadi ketimpangan harga di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup,” ungkapnya.

Plt Bupati mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga dan memelihara apa yang sudah ditanam saat ini mulai dari proses penyiapan lahan, pemilihan benih, pemupukan sampai dengan panen harus saling berkoordinasi dengan baik ke pihak Kodim 0212/TS.

“Guna mengantisipasi kendala kebutuhan pangan ditengah masyarakat, tentu perlu adanya kegiatan yang bermanfaat dengan memenuhui kebutuhan pangan melalui budidaya jagung yang ditanam dilahan tidur atau kosong,” ujarnya.

Selaras dengan kegiatan ini,lanjut Plt Bupati pemerintah daerah mendukung program Kasad,Jenderal TNI Dudung Abdu Rachman karena apa yang dicanangkan merupakan program strategis menjaga ketahanan pangan.

“Progam ketahanan pangan ini sangat membantu pemerintah dalam mengatasi kebutuhan pangan,” kata Ahmad Zarnawi.

Menurutnya, tidak ada gunanya hanya pembangunan infrastruktur saja tapi mengabaikan ketahanan pangan itu sendiri, karna kebutuhan pokok pangan adalah satu hal utama dalam kehidupan.

Ia berharap, seluruh camat dan kepala desa di Kabupaten Palas diharapkan dapat melaksanakan program mendukung ketahanan pangan dengan mengelola lahan tidur dengan tanaman Holtikultura.

“Hal itu sesuai dengan wilayah Palas yang begitu luas dan masih lahan kosong atau tidur yang dapat dimanfaatkan untuk menanam jagung atau tanaman hortikultura lainnya,” pungkasnya. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button