Berita Polres Jajaran

Dukung Pemko Medan Tegakkan Perwal Karantina Kesehatan Covid 19, Polsek Medan Timur dan Kecamatan Bagikan Masker

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Pemerintah kota Medan melalui kecamatan Medan Timur dan Medan Perjuangan Gandeng Bhabinkamtibmas Polsek Medan Timur untuk membagikan 5000 masker di dua kecamatan tersebut. Sabtu ( 2/5/2020).

Dalam pembagian masker tersebut dibagi dalam beberapa kelurahan, diantaranya adalah Kelurahan Gang Buntu, Kelurahan Pulo Brayan Darat 2, Kelurahan Gaharu, Kelurahan Glugur Darat 1, Kelurahan Durian, Kelurahan Polo Brayan Bengkel, Kelurahan Sidodadi, Kelurahan Polo Brayan Bengkel Baru, Kelurahan Printis dan kelurahan Glugur Darat 2, yang mana seluruh kelurahan ini masuk dalam kecamatan Medan Timur dan dibagikan 2500 pcs masker.

Sementara di Kecamatan Medan Perjuangan dibagikan 2500 masker kepada masyarakat yang ada di kelurahan Pahlawan, Kelurahan Sidorame Barat 1, Kelurahan Pandau Hilir, Kelurahan Tegal Rejo, Kelurahan Sidorame Timur, Kelurahan Sei Kera Hilir 2, Kelurahan Sei Kera Hulu, Kelurahan Sidorame Barat 2 dan Kelurahan Sei Kera Hilir 1.

Kapolsek Medan Timur, Kompol M. Arifin ketika dihubungi melalui telepon menjekaskan bahwa Pemerintah kota Medan telah menerbitkan peraturan wali kota ( Perwal ) karantina kesehatan yang mulai berlaku pada hari Jum’at tanggal 1 Mei 2020. Perwal ini diterbitkan sebagai upaya pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan covid 19 di kota Medan.

“Menurut Plt wali kota Medan, Perwal ini diterbitkan setelah melihat kondisi Covid 19 dengan memperhatikan beberapa hal, Perwal ini telah efektif pada hari Jum’at semalam, dan pembagian masker ini sebagai bentuk dukungan kami,” jelas Arifin.

Lanjut Kapolsek Medan Timur lagi, Perwal ini berisi sejumlah aturan diantara melakukan skrining awal pada masyarakat kota Medan, yang artinya akan ada pemeriksaan dan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk menuju kota Medan.

“Jika dipintu masuk dan cek point ditemukan ada orang yang mempunyai suhu tubuh mencapai 38° maka akan dilakukan karantina mandiri karena dalam kategori ODP. Selain ODP karantina rumah ( mandiri ) akan diberlakukan juga bagi pelaku perjalanan ( PP ) dan orang tanpa gejala (OTG ) selanjutnya pada mereka tersebut akan langsung diawasi oleh tiga pilar yaitu pihak kecamatan, Bahanbinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polsek dan Koramil masing-masing,” jelas Arifin.

Lebih lanjut kata Kompol Arifin lagi, jadi didalam Perwal ini masyarakat diwajibkan untuk memakai masker saat keluar rumah, dan bila tidak maka akan ada sangsinya, maka dari itu sebelumnya kita bersama pihak kecamatan Medan Timur dan Medan Perjuangan membagi-bagikan masker ke pada masyarakat dan pengguna jalan yang ada di beberapa kelurahan di kecamatan Medan Timur dan Perjuangan. (wd)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button