Kriminalitas

Kapolres Sibolga Ungkap Kasus Pencurian Peralatan Nelayan, Untuk Dipakai Lari Setelah Mencuri Motor

Tribratanews.sumut.polri.go.id- Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja SH SIK MH didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Dodi N,SH,MH,Kapolsek Sibolga Selatan AKP Bremer Hulu, dan Kasi Humas AKP R Sormin,SAg serta korban dan tokoh agama menggelar temu pers terkait pencurian peralatan nelayan di Mapolsek Sibolga Selatan, Senin (31/10/2022).

Pelaku yang di amankan yakni berinisial GAM Als I (33).

Menuut Kapolres, kejadian pencurian terjasi pada Kamis (27/10/2022) di salah satu pembongkaran ikan di jalan KH A Dahlan Kelurahan Aek Habil Sibolga.

“Pelaku mengambil barang barang berupa mesin stempel speedboad,minyak bahan makanan,panel listrik surya,jerigen berisi bahan bakar, fiber dan kapal boad sehingga dirugikan sekitar Rp 100.000.000.- (seratusjutarupiah),”ujar Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja SH SIK MH.

Menurut Kapolres Sat Reskrim Polres Sibolga dan Unit Reskrim Polsek Sibolga Selatan melakukan penyelidikan dan olah TKP usai menerimalaporan dari masyarakat.

Kemudian pada Sabtu (29/10/2022) pukul 06.00 WIB Polsek Sibolga Selatan mendapat imformasi pelaku membawa 2 unit mesin tempel dari Mela Tapteng, lalu diamankan didepan tempat ibadah dijalan SM Raja Kel Panca Dewa Sibolga.

Kepada polisi, pelaku mengaku beraksi seorang diri dan mengambil jerigen berisi minyak solar dan pertalite dan bahan makanan dijual di Pulau Mursala seharga Rp 1.300.000 (satujuta tigaratusribu).

Pelaku  menjelaskan, barang curianya akan dijual sebagai biaya melarikan diri, karena pada Sabtu (22/10/2022) dia  telah mengambil septor milik adik kandungnya sendirin bernama Sarifani.

Menjawab interogasi polisi, dalam askinya pelaku  masuk kedalam tempat pembongkaran ikan dan tidur kemudian pukul 01.00 WIB pada Rabu (26/10/2022).

Kemudian, pelaku mengangkat 1 unit mesin spedboad dari dalam gudang kesalah satu speedboad dan mengambil bahan majaban dari kapal Marini.

Lalu pada Kamis (27/10/2022) pukul 03.30 WIB Pelaku kabur dari tempat pembongkaran ikan menuju Pulau Situngkus kemudian ke Pulau Mursala dan menjual 4 jerigen minyak solar,1 jerigen minyak pertalite dan bahan makanan seharga Rp 1.300.000.

Pelaku juga memotong atap speedboad agar tidak dikenal pada saat kabur hari Jum’at (28/10/2022) pukul 19.00 WIB.

Lalu pelaku berangkat menuju Bagan Pancang ke Hajoran dan Sabtu (29/10/2022) pelaku diamankan ketika membawa 2  unit mesin speedboad didepan tempat ibadah dijalan Raja Sisingamangaraja Keluraan Panca Dewa Sibolga,sedangkan 1 unit mesin speedboad lainnya dibuang oleh pelaku ke Laut Pulau Mursala.

Menambahkan keterangan Kapolres, Kasi Humas AKP R Sormin mengatakan pelaku diancam pasal melakukan pencurian pemberatan sebagai mana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 1e dari KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara dan ditahan di RTP Polsek Sibolga Selatan. (ARD)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button