Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Kapolres Tapteng Cek Lokasi Karhutla, Ikut Padamkan Kebakaran

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH cek langsung lokasi Karhutla dan ikut berupaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Desa Rawa Makmur Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kapolres Tapteng untuk memadamkan Karhutla ini, Rabu (24/2/2021), didampingi Kasat Intelkam, Kasat Sabhara, Kasat Lantas Polres Tapteng  juga turut diikuti Kapolsek Kolang AKP. M. Tahir, SH beserta anggota, Koramil Kolang, Camat Kolang, Camat Tapian Nauli, Kades Rawa Makmur kec.Kolang Pinonta Sinaga beserta aparat Desa dibantu Masyarakat Desa Rawa Makmur Kecamatan Kolang kurang lebih 50 orang.

Di sela kegiatan pemadaman api tersebut, Kapolres Tapteng menyampakian beberap pesan kamtibmas dalam Ppenanganan masalah Karhutla di Desa Rawa Makmur tersebut sebagai berikut:

  • Saat ini kita akan memasuki musim kemarau, sesuai dengan perkiraan kerawanan yang akan dihadapi, salah satunya adalah Karhutla.
  • Jangan sembarangan membuang Puntung Rokok dan  bila menyalakan api supaya tetap dijaga agar tidak terjadi hal yang sama Karhutla seperti saat ini.
  • Memberikan pemahaman bahwa bila terjadi Karhutla disamping merusak alam dapat juga merusak kesehatan, mengganggu pernapasan dan menimbulkan pencemaran.
  • Mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir atas kerjasamanya dalam penanganan Karhutla tersebut.
  • Polres Tapteng dan Polsek jajaran jauh jauh sebelumnya sudah melaksanakan sosialisasi tentang bahayanya Karhutla dan juga sanksinya dengan cara memberikan himbauan dan juga pemasangan spanduk ditempat tempat strategis yg dapat dilihat oleh masyarakat.

Kapolres Tapteng juga menegaskan, pembakaran lahan dan hutan masuk unsur pidana, pelakunya dapat dikenakan sanksi kurungan penjara maksimal 15 tahun dan denda paling banyak Rp 10 milliar.

“Kegiatan pemadaman berlangsung lancar dan api padam, situasi dalam keadaan aman dan terkendali,”.Subbag Humas Polres Tapanuli Tengah, AKP Horas Gurning.

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button