Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Masuki Musim Kemarau, Polsek Silaen Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Tribratanews.sumut.polri.co.id – Polres Toba Samosir menginstruksikan semua Polsek untuk melakukan sosialisasi kepada masyakarat terkait dengan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Sosialisasi ini dilakukan terus menerus menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.  “Apalagi saat memasuki musim kemarau ini, diminta agar semua warga dalam melakukan pembukaan lahan agar tidak membakar lahan untuk mencegah polusi udara.  Jika pun terpaksa membakar agar dilakukan dengan hati-hati atau dengan pertimbangan” terang Kapolsek Silaen Iptu R. Tampubolon lewat telpon, Senin (29/6).

Seperti yang terlihat di Desa Napitupulu Kecamatan Silaen, usai pembagian bantuan sembako dari pemerintah provinsi Sumatera  Utara, Koramil-14 Silaen Serda HM. Lumban Toruan serta anggota Polsek Silaen Aiptu. Pahala Sialen dan Briptu Prama A.Siahaan melakukan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan dengan membentangkan spanduk bersama dengan perangkat Desa Napitupulu Mayarina Silaen, Gompar Napitupulu dan Hendri Gunat Napitupulu.

Instruksi ini merupakan instruksi Presiden Jokowi terkait musim kemarau yang  sudah memasuki Minggu pertama.  Kapolsek berharap agar masyarakat mau bekerja sama dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan sembarangan.  “Jika terbukti ada masyarakat  melakukan pembakaran  hutan, maka akan dikenakan UU 32 Tentang Lingkungan Hidup dan denda 15 milyar atau pidana 10 tahun,” sebutnya.

Sosialisasi ini akan terus dilakukan agar masyarakat menjaga hutan dan lahan agar tidak terjadi kebakaran.  Seperti beberapa tahun yang lalu, banyak hutan dan lahan terbakar di wilayah hukum Polres Tobasa. Bahkan, Presiden Jokowi juga masih memberlakukan hukuman yang sama dari tahun ke tahun bagi Kapolres dan Dandim yang tidak bisa menangani kebakaran hutan dan lahan akan dilakukan pencopotan jabatan.  “Semoga hutan dan lahan kita terjaga dari kebakaran,”pungkasnya. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button