Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Operasi Keselamatan Toba 2021, Polres Taput Beri Imbauan Utamakan Keselamatan

Tribratanews.sumut.polri.go.id – MEDAN – Enam hari berjalan Operasi Keselamatan Toba 2021, Polres Tapanuli Utara (Taput) rutin melakukan operasi di lapangan serta menyampaikan imbauan kepada setiap pengendara di jalan, agar mengutamakan keselamatan dan tetap taat mematuhi aturan per lalulintasan. Operasi yang berlangsung selama 14 hari ini, yang di mulai sejak tanggal 12 April 2021 hingga 25 April 2021, Polres Taput setiap hari melakukan kegiatan dilapangan untuk melakukan razia di jalan raya dengan sistem hunting ( berpindah-pindah tempat ) dengan sasaran pengendara roda 2 maupun roda 4 ke atas.

Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh SIK. MM melalui Kasubbag Humas Polres Taput AIPTU W. Baringbing mengatakan, Operasi Keselamatan Toba 2021 telah kita laksanakan mulai tanggal 12 April 2021 hingga 25 April 2021. Selama operasi ini berjalan, personil kita yang bertugas di lapangan disarankan untuk tidak melakukan penindakan berupa tilang. Karena dalam operasi ini yang di tekankan adalah menyampaikan imbaun apabila ditemukan pelanggaran lalu lintas di lapangan. Dan ini sudah merupakan arahan dan petunjuk mulai dari Mabes Polri hingga Polda Sumut.

Apabila ada di temukan pelanggaran seperti tidak memakai Helm, kita berhentikan dan disarankan kembali ke rumah untuk pergi mengambil helm. Kemudian apabila sepeda motor ada yang bonceng tiga, cukup kita sarankan di turunkan satu orang penumpang lalu melanjutkan perjalanan. Jadi tidak ada penindakan sama sekali. Selain imbaun saat operasi di jalanan, kita juga membuat imbauan berupa Spanduk , Banner di jalan-jalan yang berisikan ” Hati Hati di jalan, Utamakan Keselamatan dan Patuhi Aturan Berlalulintas. Di tempat-tempat yang rawan kecelakaan juga kita buatkan tanda-tanda.

Dari hasil analisa dan evaluasi kita setiap hari, operasi yang kita lakukan dengan himbaun ini, sangat efektif hasilnya. Hal ini terbukti, selama enam hari operasi sampai saat ini tidak ada kecelakaan yang terjadi di wilayah kita. Selain kecelakaan, juga pelanggar aturan lalu lintas juga berkurang di lapangan seperti yang tidak menggunakan Helm, berboncengan lebih dari satu orang serta ugal-ugalan saat berkenderaan di jalan.

Saat personil kita melakukan Operasi Keselamatan di lapangan, mereka juga turut menyampaikan agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan mengingat masa pandemi yang hingga saat ini masih belum berakhir supaya tetap menjaga diri. Mudah -mudahan hingga operasi ini berakhir, tidak ada peristiwa kecelakaan yang terjadi di wilayah kita, pungkasnya. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button