Berita Satker JajaranGiat Kepolisian

Polda Sumut Laksanakan Sosialisasi dan Simulasi Pemakaman Jenazah Covid -19

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Polda Sumut laksanakan sosialisasi dan simulasi pemakaman jenazah covid -19. Jumat (08/05/20) Pukul 09:00 Wib bertempat di Lapangan Apel Belakang Mapolda Sumut.

Sosialisasi Pemakaman Jenazah Covid-19 turut di dahadiri Karo SDM, Kayanma dan Personil Dokkes sebagai pemapar serta personil yang terlibat sosialisasi pemakaman jenazah covid -19.

Dalam pelaksanaan simulasi ini Personil Dokkes Langsung memberikan contoh penangan awal pemakaman jenazah covid -19. Yg mengawali paparannya dengan meminta seluruh personil yang terlibat harus menggunakan alat pelindung diri atau APD yang lengkap mulai dari penutup kepala hingga alas kaki.

Kemudian personil Bid Dokkes Polda Sumut juga turut memaparkan langkah apa saja yg harus di lakukan terhadap jenazah yg mengalami covid -19 yaitu membungkus jenazah dengan pelastik sebelum di masukkan ke dalam peti di semprot menggunakan cairan disinfektan, kemudian jenazah bisa di masukkan ke dalam peti namun hal ini biasa di lakukan oleh rumah sakit.

Untuk penanganan jenazah Sebelum pengangakatan peti jenzah kembali peti di semprot juga dengan disinfektan untuk memastikan peti dalam keadaan steril sebelum di pegang dan di angkut ke dalam ambulance.

Ambulance yg di pergunakanpun harus ambulance tersendiri bukan kendaraan ambulance yg biasa di gunakan oleh orang umum. Hal ini di lakukan untuk menghindari terkontaminasinya orang lain. Selain itu para keluarga juga tidak boleh ikut di dalam ambulance mengingat virus ini tidak kasat mata dan bisa menular melalui media.

Kabid Humas Polda Sumut KBP Tatan Dirsan Atmaja SIK mengatakan sosialisai ini di laksanakan untuk memberikan pemahamanan dan edukasi kepada personil yang terlibat agar memiliki presepsi yg sama dalam pemakaman jenazah covid -19 agar sesuai dengan anjuran SOP protokol kesehatan dalam pemakaman jenazah covid -19. Selain itu kegiatan ini di laksanakan untuk menghindari penularan covid -19 apa bila tidak sesuai protokol kesehatan. [Ar]

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button