Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Polres Padangsidimpuan kembali Lakukan Tes Swab, 3 Orang Positif Covid-19

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Padangsidimpuan – Personel Polres Padangsidimpuan dan TNI serta unsur pemerintah daerah, gencar melakukan tes swab terhadap sejumlah masyarakat, Minggu (25/7/2021) sekitar pukul 21.00 WIB. Selain tes swab, petugas kegiatan itu juga dirangkai dengan pembatasan jam operasional, Operasi Yustisi, serta Pos Penyekatan (Imbangan). “Semua itu tetap dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 di ‘Kota Salak’,” ungkap Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini, SIK MH.

Dikatakan Kapolres, selain sebagai langkah antisipasi, dilakukannya tes swab guna mendeteksi secara dini Covid-19. Lebih lanjut, Kapolres menerangkan, saat itu, petugas dibagi menjadi 4 tim yang bertugas membatasi jam operasional kegiatan masyarakat. Di mana, tim pertama menyisir seputaran Jalan Sudirman, Jalan Masjid Raya Baru, Jalan Kenanga, Jalan Tapian Nauli, Jalan Melati, Jalan Mawar, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan H Agus Salim. Sedangkan tim kedua, menyisir seputaran Siborang, Padangmatinggi, Sihitang, Jalan Baru By Pass, Batunadua, dan Sitamiang.

Untuk tim ketiga, petugas menyisir seputaran Jalan Sudirman, Komplek ATC, Jalan Thamrin, Jalan Dr Wahidin, dan Jalan H Agus Salim. Dan, tim keempat menyisir seputaran Bincar, Kampung Marancar, Sitataring, Sadabuan, dan Rambin. Dalam kegiatan yang diawali dengan Apel bersama di depan Kantor Walikota dan dipimpin Kadis Kominfo Padangsidimpuan itu, petugas buat dua Pos Pelaksanaan Yustisi dan Swab. Pos pertama di Jalan Kenanga atau di depan RSUD Padangsidimpuan. Sedang pos kedua ada di Simpang IKIP Jalan Merdeka.

Di Pos depan RSUD Padangsidimpuan, petugas melakukan tes swab terhadap 24 orang. Dari 24 orang itu, 1 di antaranya positif Covid-19 dengan inisial, IG (48) warga Padangsidimpuan, sisanya negatif. Sementara di Pos Simpang IKIP Jalan Merdeka, petugas melakukan tes swab terhadap 49 orang.  “Dan, 2 orang di antara 49 itu positif Covid-19, sisanya negatif. Yang postif pertama ialah seorang pelajar perempuan asal Padangsidimpuan berinisial, S (19). Lalu, yang positif kedua adalah seorang pelajar laki-laki berinisial, AS (17) yang juga warga Padangsidimpuan,” terang Kapolres.

Kapolres menjelaskan bahwa, kegiatan itu diutamakan himbauan kepada masyarakat yang masih berkumpul-kumpul dan tidak mematuho protokol kesehatan (Prokes). Kemudian, masyarakat yang tak mematuhi Prokes itu diarahkan untuk mengikuti swab antigen di pos yang telah disediakan. “Kami imbau ke masyarakat dan seluruh pelaku usaha, agar menghentikan segala aktivitasnya setelah pukul 21.00 WIB. Dan, patuhi Prokes dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M),” ajak Kapolres.

Kegiatan ditutup dengan Apel konsolidasi di depan Kantor Walikota sekitar pukul 23.00 WIB. Tampak hadir, Danramil Kota Kapt (Inf) B Hutabarat, Kadis Pertanian, Kepala BPBD, Kasatpol PP, Pawas Ipda Edi Sitompul, dan Camat Padangsidimpuan Utara Zulkifli Lubis. Sedangkan kekuatan personel diisi dari Koramil Kota sebanyak 13 orang, Polres Padangsidimpuan 10 orang, Satpol PP 11 orang, BPBD 9 orang, Dinas Perhubungan 10 orang, Dinas  (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button