Berita Polres Jajaran

Polres Simalungun Gempur Markas Sabu di Manik Maraja

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun, menggrebek salah satu lokasi yang di Nagori Manik Maraja, Kecamatan Sidamanik, Simalungun, Selasa (20/10/2020) sekitar pukul 12.00 Wib. Penggrebekan tersebut disebut berawal dari bisikan ‘rusa’ alias informan. Informasi yang dihimpun, 4 terduga pelaku diamankan polisi. Selain itu, petugas juga menyita sebanyak 8 paket sabu-sabu siap edar, uang tunai dan seperangkat peralatan untuk mengkonsumsi barang haram tersebut. “Tiga orang ditangkap di Nagori Manik Maraja, sedangka 1 orang lagi ditangkap di Kelurahan Sarimatondang, tepatnya di seputaran Pekan Sarimatondang Kecamatan Sidamanik,” sebut sumber.

Menurut sumber, para terduga sudah lama diketahui mengedarkan sabu-sabu di Kecamatan Sidamanik. Petugas disebut datang dengan mengendarai 2 unit mobil SUV bergerak melakukan pengintaian di salah satu  rumah terduga pelaku. Selanjutnya petugas mengepung lokasi dan berhasil meringkus terduga pelaku di kediaman seorang warga berinisial D, di Nagori Manik Maraja. “Awalnya sekira pukul 12 Wib, datang polisi dan melakukan penggerebekan di rumah S. Kami heboh, karena semula tak tau ada kejadian apa. Pas dia diborgol, barulah dapat informasi katanya ada ditemukan barang bukti dan alat mengkonsumsi sabu,” beber warga Sidamanik tersebut. Selain warga, Pangulu Nagori Manik Maraja, Suroso ketika itu turut menyaksikan 3 pria, satu warga Sarimatondang dan 2 pria warga Manik Maraja dan 1 pria lainnya ditangkap polisi terpisah di Kelurahan Sarimatondang. Warga lainya yang menyaksikan penangkapan mengatakan, selama ini warga sangat resah aktivitas peredaran narkotika jenis sabu tersebut di kampungnya. “Selama ini kami sudah resah. Warga di sini merasa tidak nyaman, karena sering kali orang dari mana-mana berdatangan naik kreta (motor) keluar masuk kampung. Orangnya ganti-ganti terus, nggak kami kenal,” ungkapnya.

Selain itu, sumber tersebut mngetakan, kasus pencurian juga meningkat di desa mereka. “Kami menduga pasti yang ketergantungan narkoba itu pelakunya. Selama ini kami mau bagaimana melaporkan. Gak bisa kami buktikan. Kalau malam sudah nggak terhitung lagi, bahkan sampai tengah malam pun masih ada saja orang yang keluar masuk dan berkeliaran di kampung. Jadi kami mengucapkan terimakasih lah dengan penangkapan siang tadi,” jelasnya. Terpisah, Kapolsek Sidamanik Iptu Elly Nababan, saat dihubungi mengaku belum mengetahui perihal penangkapan pengedar sabu-sabu di wilayah hukumnya. “Saya belum tahu, saya masih di Siantar, coba ditanyakan ke KBO Narkoba saja,” katanya via telepon seluler, Selasa (20/10/2020) malam. Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Hadi Hariono membenarkan pengrebekan tersebut. “Benar, sedang pengembangan dan proses pemeriksaan. Nanti kalau sudah selesai kita share,” katanya lewat pesan WhatsApp. (BL)


Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button