Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Polres Simalungun Sosialisasi Penanganan Pasien COVID-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Polres Simalungun menggelar pelatihan sosialisasi penanganan pasien covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Autorium T Johan Garingging Hotel Simakungun City Pematang Raya Kec. Raya Kab.Simalungun, Selasa (14/07/2020). Kegiatan pelatihan dan sosialisasi penanganan covid-19 tersebut dibuka langsung Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, dan dihadiri Waka Polres Kompol AM Hia, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Kanit dan para Babinkamtibmas sejajaran Polres Simalungun.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo menekankan, dalam penanganan pasien covid- 19 yang ingin di kebumikan peran Polri sangat di butuhkan. Misalkan ada permasalahan yang menonjol pada kesempatan pertama harus menginformasikan kepada Kasat maupun Kapolseknya. “Terus menjalin silaturahmi dengan pemerintahan dan TNI guna melancarkan tugas d lapangan, “ujar mantan Kapolres Tobasa.

Sementara, paparan materi pelatihan disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dr Lidya Saragih tentang tata cara penanganan covid-19. Sedangkan dari MUI Simalungun menyampaikan sosialisasi Fatwa MUI tentang pemakaman jenazah covid-19 secara Islam, serta dari Komunitas Sedekah Jumat dan FKUB dengan materi tata cara/ apemulasaran pemakaman jenazah covid secara agama Islam.

Selanjutnya dari pihak Polres memberikan materi tentang Undang-Undang penanganan covid-19 yang disampaikan oleh Kasat Reskrim AKP Jerico Lavian,  dan Kasat Intelkam AKP Restuadi menyampaikan materi petkembangan situasi pandemi dan deteksi dini covid-19, Kasat Binmas AKP Y Sinulingga memberi kegiatan penyuluhan dan pencegahan pandemi covid, sedangkan Kasat Sabhara AKP N Manurung tentang pengamanan pasien covid.

Usai memberikan materi, peserta pelatihan melakukan tanya jawab diantaranya jika  pasien tidak dimungkinkan untuk tidak di sholatkan karena keadaan yang tidak memungkinkan jenazah juga bisa di shalatkan setelah disemayamkan. Kemudian Kadis Kesehatan dr Lidya Saragih menjawab pertanyaan peserta bahwa  standarisasi penanganan pasien covid 19 sudah di tetapkan oleh Kementerian kesehatan RI sesuai dengan surat edaran Nomor: HK.02.01/Menkes/199/2020 tentang Penanganan Pasien Covid 19. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button