Berita Polres JajaranKriminalitas

Polrestabes Medan Ringkus Tiga Orang Pencuri Spesialis Bobol Rumah Mewah

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Satuan unit tekab Polrestabes Medan terpaksa melumpuhkan tiga pelaku spesialis bobol rumah mewah, kerap beraksi wilayah Kota Medan,  dengan timah panas. Pasalnya saat dilakukan pengembangan, memberikan perlawanan. Masing-masing ketiga pelaku yang diamankan berinisial MRN alias Ade (31) warga Jalan Sakti Lubis Gang Bali, Kota Medan dan LNK (41) warga Jalan Irian Barat, Kota Medan, serta SK (35) warga Desa Tiga Beringin, Kabupaten Tanah Karo.

“Untuk pelaku LCN dan MRN alias Ade ini, kita ringkus saat sedang berada di Hotel Oyo Komplek MMTC Jalan William Iskandar, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. Saat itu, Selasa (29/9/2020) sekira pukul 01.00 WIB pelaku LCN ini diamankan dari kamar 102.  Sedangkan pelaku MRN alias Ade dari kamar 110. Dari hasil introgasi keduanya mengaku beraksi bersama dengan pelaku SK, hal tersebut dikatakan Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Martuasah H Tobing melalui Kanit Pidum, Iptu Ardian Yunnan Saputra dalam keterangannya, Minggu (4/10/2020).

Sambung Yunnan, petugas pun langsung melakukan pengembangan dan kembali berhasil meringkus tersangka SK dari rumah kontrakannya yang berada di Desa Tualang, Lingkungan XI, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdangedagai (Sergai). Namun sayangnya, pada saat ketiganya dibawa pengembangan untuk mencari barang bukti kejahatannya dari lokasi terpisah yakni di Jalan Surabaya, Kota Medan serta di Dusun Karang Sari, Kelurahan Paya Bakung, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang dan di kawasan Kecamatan Medan Tembung, Kabupaten Deliserdang, malah melakukan perlawanan dan mencoba melarikan diri.

Sehingga personel Subnit Jatanras Sat Reskrim Polrestabes Medan inipun terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur yang mengenai kaki para maling pembobol rumah mewah tersebut. Selanjutnya ketiganya pun langsung diboyong ke RS Bhayangkara Medan untuk mendapatkan perawatan medis, yang kemudian dibawa ke Mako Sat Reskrim Polrestabes Medan untuk menjalani pemeriksaan.

“Dari hasil pemeriksaan, para tersangka ini juga telah mencuri di rumah mewah milik San Bestari (51) warga Jalan Tomat Kelurahan Darat, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Provinsi Sumut. Akibat perbuatan kawanan maling ini membuat korban mengalami kerugian hingga Rp 900 juta lebih.  Selain itu, mereka juga membobol rumah mewah milik Rikim (45) warga Jalan Bugis, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Provinsi Sumut dan korban pun mengalami kerugian sebesar seratusan juta rupiah, “sebut Yunnan. Selain berhasil membekuk ketiga tersangkanya sambung Yunnan, petugas pun menyita sejumlah barang bukti di antaranya tas, jam mewah, baju, celana, topi dan mobil minibus yang digunakan para tersangka saat beraksi.

Terbongkarnya kasus pembobolan rumah mewah ini masih dijelaskannya, bermula dari tindaklanjut laporan korban yang bernama DR Ronny (58) warga Jalan Pinus Komplek Cemara Asri, Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut dengan bukti surat laporan LP/2046/IX/2020/SPKT Percut, Tanggal 25 September 2020.

Dalam laporannya, korban mengalami kerugian mencapai Rp 500 juta karena barang berharga milik korban berupa tas mewah, belasan jam tangan bermerk, handphone, uang tunai dan barang berharga lainnya raib digasak para tersangka. “Dari laporan korban inilah lalu kita tindaklanjuti dengan cek TKP dan mengamankan rekaman CCTV dari rumah korban. Sehingga ciri- ciri dan identitas para tersangkanya berhasil diketahui yang berujung dengan penangkapan,”sebutnya. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button