Block Title

  • Kapolda Sumut Sidak Peternakan Sapi Cegah penyebaran PMK

    Tribratanews.sumut.polri.go.id – LANGKAT | Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat, Selasa (24/5).

    Sidak yang dilakukan Kapolda Sumut menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak terutama sapi.

    Dalam inspeksi mendadak itu turut hadir Plt Bupati Langkat Syah Afandin, Kasdam I/BB, Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Sumut Wahyudi, Dinas Peternakan Kabupaten Langkat serta stakeholder lainnya.

    Pantauan di lapangan, setibanya di lokasi Kapolda Sumut beserta rombongan langsung mengecek kondisi sapi milik masyarakat untuk memastikan hewan ternak itu dalam kondisi sehat.

    “Sudah dicek kondisi sapinya ini. Kalo emang positif terkena PMK secepatnya dilakukan karantina agar tidak menularkan dengan sapi-sapi lainnya yang masih sehat,” ucap Panca kepada Dinas Peternakan Langkat serta pemilik hewan ternak.

    Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut juga sempat berdialog dengan pemilik sapi ternak untuk memastikan hewan ternaknya tetap dalam kondisi sehat dijual kepada masyarakat.

    Berdasarkan data yang diterima, ada 1.054 eko sapi yang positif tertular wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Terdiri dari Kecamatan Besitang 309 ekor, Kecamatan Pematang Jaya 466 ekor dan Kecamatan Pangkalan Susu 279 ekor.

    “diharapkan dengan gerak cepat antisipasi ini penularan PMK terhadap hewan ternak segera dapat diatasi,” sebut Panca mengakhiri. (BL)

  • Kapoldasu Minta Yayasan Bhayangkari Mampu Selenggarakan Pendidikan yang Diperhitungkan

    Tribratanews.sumut.polri.go.id –Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si menghadiri acara Ulang Tahun Ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari bertempat di di Aula Tribrata Polda Sumut, Senin (23/05/22)

    Turut hadir Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Dr. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si, Para Pejabat Utama, Kapolres/ta/tabes Jajaran, Ketua Bhayangkari Daerah Sumut beserta seluruh Staf.

    Acara ini juga terhubung via Zoom Meeting dengan Mabes Polri bersama Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Ny. Julianti Sigit Prabowo

    Ulang tahun yayasan Kemala Bhayangkari ke-42 tahun 2022 mengusung tema “Yayasan Kemala Bhayangkari Mendukung Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dengan Semangat Kebhayangkaraan Menuju Merdeka Belajar”.

    Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Yayasan Kemala Bhayangkari. “Dirgahayu ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari. Semoga diusia yang ke-42 semakin berkarya dan berprestasi lebih baik “, ujarnya

    Lanjut, Panca mengatakan selama terjadinya pandemi Cvid-19 yang melanda Indonesia dalam kurun waktu dua tahun, ada banyak ketertinggalan yang dialami seperti pada bidang pembelajaran,

    Ketertinggalan ini harus segera diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia yang merupakan kunci perubahan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik

    “Moment ini menjadi langkah untuk bangkit agar Yayasan Kemala Bhayangkari mampu menyelenggarakan pendidikan yang diperhitungkan”, lanjutnya

    Jenderal bintang dua tersebut mengungkapkan bahwa dengan adanya pendidikan dan keterampilan dapat menjadi bekal dalam memperoleh pekerjaan yang layak sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga, serta menggerakan pertumbuhan ekonomi daerah.

    “Terimakasih atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas Yayasan Kemala Bhayangkari, serta terimakasih kepada guru-guru semuanya, Kita akan selalu support kegiatan-kegiatan yang berkontribusi positif bagi pendidikan dan pembentukan karakter bangsa”, pungkasnya. (wd)

  • Ekspor CPO Kembali Dibolehkan, Polda Sumut Perketat Awasi Distribusi Minyak Goreng

    Tribratanews.sumut.polri.go.id – Polda Sumatera Utara akan memperketat pengawasan terhadap Distribusi minyak Goreng dan mewanti-wanti jika ada oknum-oknum yang mencoba menyelewengkan pendistribusian minyak goreng (CPO).

    Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengajak semua pihak khususnya di sumatera Utara untuk mendukung kebijakan strategis Presiden Jokowi. Sebab dengan dibukanya kembali keran ekspor, pastinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani sawit di Provinsi Sumut bahkan Di Indonesia

    “Para petani sawit tentu sangat berterima kasih dengan kebijakan ini, dan Polda Sumut akan tetap mengawasi hal ini serta menindak tegas apabila ada oknum-oknum atau mafia yang mencoba menyelewengkan distribusi minyak goreng di Sumatera Utara,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Sabtu (21/5).

    Menurutnya, pengawasan yang dilakukan Polda Sumut untuk memastikan distribusi minyak goreng sebagai kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi setelah ekspor minyak goreng (CPO) kembali dibuka Presiden Joko Widodo.

    “Kita tidak ingin kejadian seperti dulu (langka) terulang, dan berharap setelah ekspor minyak goreng (CPO) kembali dibolehkan Bapak Presiden, kebutuhan pasokan minyak goreng di Sumut tetap stabil dan para petani sawit kembali bergairah,” tuturnya.

    “Oleh karena itu, Kapolda Sumut sudah menginstruksikan seluruh Dirkrimsus dan para Kapolres untuk mengawasi secara ketat pendistribusian minyak goreng yang dilakukan perusahaan agar tidak sampai terjadinya penyelewengan. Sehingga pasokan minyak goreng tetap tersedia dan sesuai harga sebagaimana yang ditetapkan pemerintah,” tegas Hadi. [Ar]