Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

PPKM Darurat di Kota Padangsidimpuan Antisipasi Penyebaran Covid 19

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Padangsidimpuan – Perkembangan Kasus Covid-19 masih menunjukkan peningkatan yang eksponensial, termasuk di Sumatera utara ,  Pemerintah mengambil langkah cepat dengan melakukan sejumlah langkah antisipatif agar jumlah peningkatannya bisa di atasi   berangkat dari peningkatan itu Jajaran Polres Padangsidimpuan bersama TNI dan unsur Forkopimda lainnya  menggelar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat   Pada sejumlah titik di  kota Padangsidimpuan ,  Selasa (13/7/2021) sekitar pukul 21.00 WIB. Tampak, petugas begitu antusias dalam kegiatan yang juga dirangkai dengan Operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan (Prokes) dan tes swab antigen di beberapa pos itu.

Tampak Asisten I Pemko Padangsidimpuan, Iswan Nagabe Lubis, memimpin Apel di depan Kantor Walikota sebelum pelaksanaan PPKM. Dalam PPKM tersebut, petugas dibagi menjadi 4 tim. Tim pertama petugas disebar di seputaran Jalan Sudirman, Jalan Masjid Raya Baru, Jalan Kenanga, Jalan Tapian Nauli, Jalan Melati, Jalan Mawar, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan H Agus Salim.  Untuk tim kedua, petugas menyebar di seputaran Siborang, Padangmatinggi, Sihitang, Jalan Baru By Pass, Batunadua, dan Sitamiang. Sedangkan tim ketiga, petugas disebar di seputaran Jalan Sudirman, Komplek ATC, Jalan Thamrin, Jalan Dr Wahidin, dan Jalan H Agus Salim. Dan tim keempat disebar di seputaran Bincar, Kampung Marancar, Sitataring, serta Rambin.

Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Juliani Prihartini, SIK MH, menjelaskan, di PPKM kali ini, petugas juga membuka dua Pos pelaksanaan Yustisi dan tes swab yakni, di RSUD Padangsidimpuan dan Simpang IKIP Jalan Merdeka. Adapun hasil tes di Pos RSUD Padangsidimpuan dari 27 orang yang dites swab, semuanya negatif Covid-19. “Sementara untuk hasil tes di Simpang IKIP Jalan Merdeka, dari 50 orang yang diswab, 3 diantaranya positif Covid-19. Sedangkan, 47 orang lainnya negatif Covid-19,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menerangkan, kendati kini masyarakat terlihat sudah sangat sepi melakukan aktivitas di malam hari, hal itu tak menyurutkan semangat petugas untuk tetap semangat dalam melaksanakan PPKM dan Operasi Yustisi. Semua itu dilakukan demi menyelamatkan masyarakat dan mengantisipasi sebaran Covid-19 di Padangsidimpuan. Sebagian kecil warga yang melintas, kata Kapolres, juga terlihat sudah mematuhi Prokes dengan memakai masker. Hal ini merupakan satu keberhasilan dari PPKM dan Operasi Yustisi yang dilakukan selama ini. Di mana, warga yang positif Covid-19 setelah dites swab, kian hari jumlahnya juga semakin menurun. “Sebelumnya, kegiatan ini difokuskan untuk memberi imbauan bagi masyarakat yang berkumpul-kumpul serta tidak mematuhi Prokes. Namun, saat ini jumlah masyarakat berkeliaran malam hari sudah berkurang,” terang Kapolres.

Meski demikian, Kapolres tak bosan untuk mengimbau kepada masyarakat dan para pelaku usaha agar menghentikan segala aktivitasnya setelah pukul 21.00 WIB. Kemudian, Kapolres juga mengajak semua pihak untuk selalu mematuhi Prokes dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M). Kegiatan ditutup sekira pukul 22.47 WIB dengan Apel Konsolidasi di depan Kantor Walikota. Tampak hadir, Kabag Ops Polres Padangsidimpuan Kompol Ahmad Fauzi Ks, Pawas Ipda Kuspil Pianto, Padal Iptu Kenborn Sinaga, Kadis Kominfo, Kadis Kesehatan, Kasatpol PP, Kepala BPBD, dan Camat Padangsidimpuan Utara Zulkifli Lubis. Sedangkan kekuatan personel diisi dari Koramil Kota sebanyak 28 orang, Polres Padangsidimpuan 10 orang, Satpol PP 23 orang, BPBD 9 orang, Dishub 10 orang, Dinas Pariwisata 8 orang, Dinas Perdagangan 10 orang, Diskominfo 4 orang, pegawai Kantor Camat Padangsidimpuan Utara 5 orang, dan pegawai Kantor Camat Padangsidimpuan Selatan 5 orang. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button