Berita Polres Jajaran

Sat Binmas Polres Padangsidimpuan Imbau Warga Waspada Karhutla

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sat Binmas Polres Padangsidimpuan, melaksanakan sosialisasi ke masyarakat dalam rangka Ops Bina Karuna-Toba 2022.

Kali ini, Sat Binmas sosialisasi di Desa Ujung Gurap, Kecamatan Batunadua, Padangsidimpuan, Minggu (21/8/2022) siang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar waspada kemarau, rawan kebakaran maka dari itu jangan juga asal buang puntung rokok di lahan. Kemudian jangan membuang sampah kesungai ataupun got/parit karena bisa berdampak banjir,” jelas Kasat Binmas, AKP Sulhan A Siregar.

Kasat juga mengimbau masyarakat, jika hendak membuka lahan tidak dengan cara dibakar karena mengakibatkan polusi udara dan kerusakan hutan maupun lahan. Dikuatirkan, akibat perusakan hutan dan lahan, akan menyebabkan peristiwa banjir maupun longsor.

Kasat mengingatkan masyarakat agar mewaspadai musim kemarau saat ini yang tengah melanda. Selain itu, apabila warga ada mengetahui titik api, diharapkan agar segera melaporkannya ke pihak Polres Padangsidimpuan agar dapat ditangani dengan segera.

“Terakhir, kami berpesan ke masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, tidak berkerumun dan mengurangi mobilitas,” terang Kasat.

Kata Kasat, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan maupun perundang-undangan yang berlaku. Sat Binmas menyampaikan ke masyarakat agar saling menjaga hubungan sosial sehingga tercipta situasi aman dan kondusif serta terhindar dari segala bentuk ancaman. (Wd)



Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button