Berita Polres JajaranGiat Kepolisian

Tim Gabungan Personel TNI-Polri Bersihkan 4 Kecamatan Terdampak Erupsi Sinabung

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Tim gabungan yang terdiri dari “Personel TNI-Polri, Satpol PP, petugas Pemadam Kebakaran, Basarnas, dan masyarakat terus membersihkan daerah yang terdampak erupsi Sinabung,”, Kamis (13/8/2020). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin mengatakan pembersihan debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara masih terus dilanjutkan ke wilayah-wilayah yang terdampak erupsi.

Ia menyebutkan, ada empat wilayah yang terdampak erupsi Sinabung yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Dolat Rakyat. “Pembersihan debu vulkanik yang menutup badan jalan dengan mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran Pemkot Karo,” katanya. Natanail mengatakan, pembersihan badan jalan di wilayah kecamatan untuk kelancaran arus lalu lintas, menjaga kebersihan, jalan tidak licin, mencegah jalan tidak berdebu, dan mencegah gangguan kesehatan bagi warga masyarakat.

“Debu vulkanik yang disemburkan dari Gunung Sinabung itu juga mengandung belerang dan bahan kimia lainnya, sangat berbahaya bagi kesehatan manusia,” sebutnya. Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (13/8) sekira pukul 06.07 WIB, kembali erupsi dan menyemburkan debu vulkanik. Erupsi tersebut mencapai ketinggian kolom abu kurang lebih 1.000 meter di atas puncak (atau kurang lebih 3.460 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan informasi KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur, tenggara, dan selatan.Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi lebih kurang 11 menit 59 detik. (DYK)

Selengkapnya

Berita Terkait

Back to top button