PeristiwaTop News

Kapolres Humbang Hasundutan Turun langsung Penanggulangan Efakuasi Korban Bencana Alam Tanah longsor di wilayah Humbang Hasundutan

Tribratanews.sumut.polri.go.id –  Hujan deras yang melanda wilayah  Kabupaten Humbang Hasundutan Propinsi Sumatera Utara, menyebabkan musibah tanah longsor di Desa Huangong Kec.Pakat Kab, Humbang Hasundutan Selasa (21/11/23)

Akibat kejadian Itu 2 Rumah Warga Tertimbun Tanah longsor , denganAdapun Tanah yang longsor dengan ketinggian ± 5meter, Panjang ± 10 Meter hingga menutup seluruh badan jalan dan menutup akses jalan menuju Pakkat-Parlilitan.

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH  yang mendapat laporan adanya kejadian tersebut langsung menerjunkan personil nya ,Kapolres humbahas turun langsung dalam pelaksanaan evakuasi korban bencana alam beserta anggota polres dan polsek, TNI, BPBD,dinas kesehatan,dan Masyarakat.

Yang di awakinya dan  melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Pemkab Humbang Hasundutan, Untuk mengambil langkah langkah mengatasi longsor itu karena tanah di lokasi sangat labil, kalau hujan terus menerus datang bisa kembali menimbulkan longsor di kawasan padat penduduk itu.

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto SH SIK MH mengatakan Turut berduka cita sedalam  atas musibah yang diderita korban’ bencana alam tanah longsor tersebut dan menghimbau agar masyarakat terus berhati-hati mengingat potensi terjadinya tanah longsor sangat tinggi dan berisiko akibat hujan yang masih terus mengguyur Kabupaten Humbang Hasundutan dan sekitarnya.

“Kapolres Humbang Hasundutan Akbp Hary Ardianto SH SIK MH menambahkan lagi Kita saling bahu membahu dalam menolong sesama yang tertimpa bencana bencana alam tersebut,dan Selama musim hujan ini potensi terjadinya tanah longsor, saya imbau kepada warga masyarakat yang bermukim di kawasan itu tetap waspada dan berhati-hati” ujarnya.

Setelah melakukan identifikasi lapangan, melakukan pembersihan material longsor pada Rabu (21/11/23) pagi bersama pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan, TNI, Kepolisian,Dinas Kesehatan serta masyarakat yang di bawah pengendali Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto SH SIK MH melakukan pembersihan material tanah longsor Dengan Menggunakan Alat berat dari Pemkab Humbang Hasundutan agar akses jalan setapak bisa dilalui warga sekitar.

Dilansir dari informasi Masyarakat di sekitar lokasi kejadian “musibah tanah longsor tersebut terjadi karena adanya pergerakan tanah sehingga memutuskan jalan setapak yang bisa berimbas ke rumah warga di bawahnya.

“Dalam musibah Bencana Alam tanah longsor itu korban jiwa maupun luka, Sudah di Efakuasi,ke rumah sakit RSU Kabupaten Humbang Hasundutan, adapun korban jiwa sebanyak 8 Orang diantara dari 2 Korban bencana Alam Tanah longsor tersebut Meninggal dunia akibat bencana tersebut.

Saat ini pencarian korban tanah longsor Sudah selesai  Dan  untuk saat ini Jalan Sudah dapat dilalui Kendaraan roda 2 maupun Roda 4 kita lakukan upaya perbaikan dan melakukan koordinasi dengan Dinas terkait,” ucap Kapolres. { AR.S }

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button