Berita PolresTop News

Kapolres Sergai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantab Brata 2023-2024

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Kapolres Serdangbedagai (Sergai), AKBP Oxy Yudha Pratesta SIK melalui Kasi Humas Ipda Brimen, SH, MH, membenarkan kegiatan apel gelar pasukan Operasi (Ops) Kepolisian Terpusat Mantab Brata Toba 2023-2024 di Lapangan Apel Polres Sergai di Seirampah, Selasa (17/10/2023).

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo dalam amanat tertulis yang dibacakan Kapolres Sergai menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana dan prasarana (sarpras) Operasi Mantab Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Ia menyebut, Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia, dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Guna mengamankan Pemilu 2024, Polri didukung TNI, kementerian, instansi terkait, dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Ops Mantab Brata tahun 2023-2024. Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari, sejak 19 Oktober 2023 sampqi 20 Oktober 2024 yang diikuti 261.695 personel di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kapolri juga menginstruksikan kepada jajaran agar melakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayah masing masing, dan menyelesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah.

Ia menekankan, terorisme juga harus menjadi perhatian serius. Pada penyelenggaraan pemilu 2019, sebutnya, terdapat 6 aksi serangan teror, dan ini tidak boleh terjadi di pemilu 2024. Terlebih saat ini, perang antara Hamas dengan militer Israel sedang bereskalasi, hal ini berdampak terhadap situasi di Indonesia.

“Optimalkan preventif strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya,” ujarnya.

Terkait tindak pidana Pemilu, jendral bintang empat ini menekankan agar melakukan koordinasi dengan kolaborasi antara pilar serta Gakkumdu, sehingga pelanggaran Pemilu dapat ditangani secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legalitas dari masyarakat.

Kepada para personel, ia juga menekankan yang harus dipedomani dan dilaksanakan, yakni meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga tugas pengamanan ini sebagai ladang amal ibadah, pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya.

Kemudian, melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis, dan profesional sesuai dengan SOP dengan menerapkan buddy sistem. Pimpinan disetiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggota. Selanjutnya, melakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima.

Mengedepankan komunikasi publik dan upaya cooling sistem, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi. Serta meningkatkan sinergitas dan soliditas antara seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait.

Apel gelar pasukan dihadiri Bupati Sergai diwakili Assisten I Nina Deliana Hutabarat, Ketua DPRD HM Ilham Ritongq, Kajari Sergai Mayhardy Indra Putra SH MH, Dandim 0204/DS diwakili Danramil 11 Tanjungberingin Kapten Inf Muzakir, Komisioner Bawaslu Sergai Handi Gunawan, kepala OPD terkait, serta diikuti para PJU dan Kapolsek se-jajaran Polres Sergai serta seluruh Personil Polres Sergai, Kodim, Sat Pol PP serta Dinkes. { As }

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button