Berita PolresTop News

Jelang Pemilu 2024, KPU dan Bawaslu Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Sebanyak 13 ketua partai politik peserta pemilu 2024  maupun perwakilannya bersama tokoh masyarakat serta pemerintah, KPU dan Bawaslu melakukan deklarasi pemilu damai sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan pemilu yang aman, jujur dan adil di  Kota Padangsidimpuan.

Deklarasi Pemilu damai berlangsung di Aula Hotel Sitamiang, Rabu , (18/10) dihadiri Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe , S.K.M, M.Kes, Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, SH, S.Ik, MH, Dandim 0212/TS Letkol. Inf. Amrizal Nasution, Ketua DPRD Padangsidimpuan Siwan Siswanto SH, MH, Pimpinan OPD Kota Padangsidimpuan.

Selanjutnya, Mewakili Danyonif 123/RW, Ketua MUI Kota Padangsidimpuan H. Zulfan Efendi Hasibuan, MA, Ketua FKUB Zulfadli Nasution, Plh. Sekda Kota Padangsidimpuan Rahuddin Harahap, Para Rektor Universitas di Padangsidimpuan, Para Asisten Pemko Padangsidimpuan dan para perwakilan Parpol Kota Padangsidimpuan.

Deklarasi damai ditandai dengan pembacaan komitmen dipandu Pj. Walikota Padangsidimpuan diikuti oleh para ketua partai politik peserta Pemilu di Kota Padangsidimpuan.

Ada lima poin dalam deklarasi yang dibacakan yakni pertama siap mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, kedua siap mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dengan menjunjung tinggi etika martabat bangsa dan negara serta menaati peraturan yang berlaku, ketiga menolak segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi yang berimplikasi terjadinya polarisasi dalam masyarakat.

Lalu keempat, menolak hoax, ukuran kebencian, politisasi SARA dan politik uang, kelima menghormati dan menerima hasil pemilihan umum 2024.

Sebagai bentuk komitmen para pimpinan partai politik menandatangani papan deklarasi beserta penjabat Pj.Walikota, ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0212/TS, Mewakili Danyon 123/RW, Mewakili Kajari, Ketua KPU Padangsidimpuan.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Dudung Setyawan, SH, S.Ik, MH berharap semoga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar nantinya.

Kapolres mengingatkan di era digitalisasi sekarang ini agar menjaga diri karena jejak digital tidak akan hilang atau dapat dihapus.

Pj. Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe , S.K.M, M.Kes pada sambutannya menngatakan bahwa pemilu 2024 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan.

“Demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan sejuk, Mari kita bersama – sama bersinergi mendukung terwujudnya pemilu yang berkualitas”, ucap Pj. Walikota.

Hindari pertikaian dan kekerasan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, tegas Letnan.

Tidak lupa beliau menghimbau kepada pasangan calon, massa pendukung serta semua pihak mampu bersikap bijak dan Arif untuk menghindari gesekan – gesekan yang dapat menimbulkan keresahan dan konflik di tengah – tengah masyarakat. {As}

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button